Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ditanya Sudah Tes Virus Corona atau Belum, Trump Mengelak

Presiden Trump telah melakukan kontak dengan Anggota partai Republik Doug Collins yang diduga tertular virus corona dari seseorang dalam sebuah acara pada bulan lalu.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam konferensi pers di Hotel JW Marriott, di Hanoi, Vietnam, Kamis (28/2/2019)./REUTERS-Jorge Silva
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam konferensi pers di Hotel JW Marriott, di Hanoi, Vietnam, Kamis (28/2/2019)./REUTERS-Jorge Silva

Bisnis.com,JAKARTA - Dalam sebuah konferensi pers, Senin (9/3/2020), Presiden Trump memilih bungkam ketika wartawan mengkonfirmasi apakah dirinya sudah menjalani tes virus corona atau belum.

Dengan cuek, Presiden Trump menyudahi pemaparannya. Wartawan berseru: "Pak Presiden apakah Anda sudah dites?". Tidak mengindahkan pertanyaan para wartawan, Trump melenggang masuk ke dalam ruangan.

Adegan ini terekam dalam cuplikan video CGTN America yang dibagikan di Twitter pada Selasa (10/3/2020).

Dalam jumpa pers tersebut, Trump mengungkapkan dirinya siap untuk menjalani tes virus corona. "Saya pikir ini bukan masalah besar. Saya akan melakukannya," ujar Trump, seperti dilansir oleh Politico, Selasa (11/3/2020). Namun, dia menilai dirinya berada dalam kondisi sehat.

"Saya tidak melihat alasan apapun - saya merasa saya dalam kondisi baik-baik saja. Saya merasa saya sangat baik, tetapi saya pikir ini bukan masalah besar untuk menjalani tes dan saya akan menjalaninya.

Pada awal minggu ini, dua anggota kongres yang bertemu President Trump menjalani karantina dan dilarang bekerja untuk sementara waktu setelah keduanya melakukan kontak dengan sejumlah orang yang positif terjangkit virus corona.

Keduanya termasuk ke dalam lima legislator AS yang diwajibkan menjalankan karantina. Anggota partai Republik Doug Collins dari Georgia dan Matt Gaetz dari Florida harus menjalani karantina setelah mengikuti konferensi dengan grup konservatif dan berinteraksi dengan salah satu orang yang dinyatakan positif dengan virus corona.

Collins bertemu dengan Trump di Atlanta pada Jumat lalu dan menemaninya saat mengunjungi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Sementara itu, Gaetz diketahui ikut menemani Trump di dalam perjalanan ke Washington dengan pesawat kepresidenan Air Force One pada Senin (9/3/2020).

Dikutip dari Bloomberg, terdapat dua legislator AS yang telah terinfeksi virus corona, yaitu Paul Gosar perwakilan dari Florida dan Senator Ted Cruz dari Texas. Keduanya melakukan kontak dengan salah seorang pasien virus corona di Conservative Political Action Conference di Washington pada akhir Februari lalu.

Dalam video CGTN America di atas, Wakil Presiden Mike Pence juga diberondong pertanyaan. Dia menjawab dengan tergagap bahwa dirinya belum melakukan tes. 

Ketika ditanya apakah dirinya tahu Presiden Trump sudah dites atau belum, Pence menjawab dirinya tidak tahu dan akan mencoba menanyakan hal tersebut kepada Gedung Putih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper