Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hipmi: Perempuan Harus Berani Berbisnis

Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H. Maming menilai ada banyak hal yang dapat dilakukan perempuan melalui bisnis untuk mengembangkan diri.
Ilustrasi./Istimewa
Ilustrasi./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Memperingati Hari Perempuan Internasional, Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) mengimbau kaum perempuan lebih berani masuk ke sektor bisnis.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) Mardani H. Maming berpesan terutama kepada perempuan untuk berani menghadapi tantangan dalam berbisnis.

Maming menilai ada banyak hal yang dapat dilakukan perempuan melalui bisnis untuk mengembangkan diri. Permasalahan yang sering dihadapi perempuan dalam berkarir ataupun berbisnis menjadi momok tersendiri.

Mulai dari masalah mental hingga isu gender yang kerap membuat wanita sulit untuk mengembangkan karir sebagai pengusaha. Masih banyak masyarakat umum yang belum memberikan kebebasan bagi perempuan untuk menjalankan kehidupannya.

"Akibatnya, perempuan menjadi lebih takut gagal untuk memulai bisnis. Solusinya adalah sebaiknya jangan dengarkan semua omongan orang lain," ujar Maming dalam keterangan tertulis, Senin (9/3/2020).

Menurut Mantan Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan itu, tudingan negatif tersebut harus diabaikan dan tetaplah bekerja keras untuk membuktikan kemampuannya. Buatlah rencana bisnis dan mulailah dari yang sederhana, serta jangan takut untuk berkolaborasi atau mencari partner kerjasama untuk bisnis.

Dia berpendapat, kebanyakan perempuan yang telah menikah dan memiliki anak, akan kesulitan membagi waktu antara bisnis dan keluarga.

"Untuk menjalani banyak peran sekaligus, sebagai istri, ibu, dan pebisnis akan sangat sibuk sekali. Dan itu menguras energi yang cukup besar," ucapnya.

Maming menambahkan, sangat diperlukan perencanaan yang matang sebelum memulai bisnis, khususnya mengenai waktu kerja agar saat bisnis berjalan semua dapat terlaksana sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan sebelumnya.

"Jagalah mood dan kuatkan mental entrepreneur. Yang perlu diketahui adalah dalam bisnis akan selalu ada masalah dan tantangan baru, maka tidak perlu kaget atau panik bila hal tersebut datang kepada Anda," ungkapnya.

Maming mengingatkan, bisnis adalah kompetisi. Diskriminasi gender membuat perempuan terkadang diperlakukan berbeda dalam pekerjaan termasuk berbisnis.

Solusinya, kata Maming, hindari untuk bekerjasama dengan orang-orang yang memandang rendah karena masalah jenis kelamin. Bergabunglah dengan komunitas bisnis dan lembaga perempuan untuk mendapatkan dukungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper