Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Turki Tembak Jatuh Dua Jet Tempur Suriah

Militer Turki menembak jatuh dua jet tempur pemerintah Suriah di barat laut Idlib.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 02 Maret 2020  |  08:14 WIB
Ilustrasi. - Antara/Abriawan Abhenta
Ilustrasi. - Antara/Abriawan Abhenta

Bisnis.com, JAKARTA — Militer Turki menembak jatuh dua jet tempur pemerintah Suriah di barat laut Idlib beberapa jam setelah pasukan yang setia kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad menjatuhkan pesawat tak berawak Turki di wilayah tersebut.

Dalam sebuah unggahan Twitter kemarin, Kementerian Pertahanan Turki menyatakan pasukannya telah menembak dua pesawat SU-24. Tindakan itu sebagai pembalasan atas jatuhnya drone milik negara tersebut.

Kantor berita SANA Suriah mengkonfirmasi pesawat itu ditembak di provinsi Idlib barat laut, tetapi menyatakan tidak ada yang terluka dalam serangan itu. Pilot menggunakan parasut dan mendarat dengan selamat, tambahnya.

Baku tembak terjadi ketika Turki mengumumkan operasi militer skala penuh yang dijuluki "Perisai Musim Semi" terhadap sasaran-sasaran di Suriah.

Bandara militer Al-Nayrab di Suriah, di pinggiran kota Aleppo, dihantam oleh serangan udara "yang membuatnya tidak berfungsi", menurut kantor berita pemerintah Anadolu mengutip "sumber-sumber lokal".

Pasukan Suriah menggunakan pangkalan udara itu untuk serangan terhadap angkatan bersenjata Turki dan warga sipil di Idlib, menurut laporan itu seperti dikutp Aljazeera.com, Senin (2/3/2020).

"Tindakan rezim telah semakin dibatasi karena bandara militer Al-Nayrab telah sudah tidak dapat digunakan," menurut beberapa sumber.

Pasukan yang setia kepada al-Assad, yang didukung oleh kekuatan udara Rusia, telah memperbarui serangan untuk menguasai Idlib dari pasukan oposisi yang didukung oleh Turki.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suriah turki
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top