Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bank Sentral China: Ekonomi Negeri akan Segera Pulih

Ekonomi China kemungkinan akan meningkat dengan cepat setelah melewati fase wabah virus Corona.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 23 Februari 2020  |  18:59 WIB
Pejabat senior People's Bank of China (PBOC) menyatakan negara itu akan mampu melakukan pemulihan dan membentuk pola menyerupai huruf V (V-shaped) - Ilustrasi
Pejabat senior People's Bank of China (PBOC) menyatakan negara itu akan mampu melakukan pemulihan dan membentuk pola menyerupai huruf V (V-shaped) - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas moneter China menyampaikan optimisme bahwa perekonomian Negeri Tirai Bambu itu akan segera pulih.

Ekonomi China diyakini akan meningkat dengan cepat setelah melewati wabah virus Corona. Pejabat senior People's Bank of China (PBOC) menyatakan negara itu akan mampu melakukan pemulihan dan membentuk pola menyerupai huruf V (V-shaped), pertumbuhan turun lalu naik kembali dalam jangka waktu pendek.

Chen Yulu, Wakil Gubernur PBOC, mengatakan fundamental ekonomi domestik yang sehat tetap tidak berubah dalam jangka menengah hingga panjang meskipun terjadi pelambatan jangka pendek karena epidemi.

"China memiliki ruang kebijakan yang cukup untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang stabil. China adalah salah satu dari sedikit ekonomi utama di dunia yang mempertahankan kebijakan moneter normal. Dilengkapi dengan perangkat kebijakan yang kaya, China mampu mengatasi berbagai ketidakpastian," kata Chen, dilansir Bloomberg, Minggu (23/2/2020).

China telah menerapkan langkah-langkah termasuk injeksi likuiditas ke sistem perbankan dan pemotongan suku bunga untuk melawan dampak wabah.

Presiden Xi Jinping berulang kali memastikan bahwa China akan memenuhi tujuan ekonominya, dan memulihkan pasar keuangan. Saham domestik juga telah pulih lebih dari US$1 triliun nilai pasar sejak jatuh pada awal Februari.

Adapun total kasus infeksi virus Corona di negara itu naik menjadi 76.936 pada hari Sabtu, dengan total kematian 2.442.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china Virus Corona
Editor : Saeno
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top