Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Puan Maharani Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari Undip

Universitas Diponegoro menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa kepada Ketua DPR Puan Maharani. Puan menjadi tokoh ke - 13 yang meraih gelar tersebut dari Undip.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 14 Februari 2020  |  14:55 WIB
Ketua DPR Puan Maharani saat menyampaikan pidato dalam prosesi penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Diponegoro - Bisnis/Arief Budisusilo
Ketua DPR Puan Maharani saat menyampaikan pidato dalam prosesi penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Diponegoro - Bisnis/Arief Budisusilo

Bisnis.com, JAKARTA - Universitas Diponegoro menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa kepada Ketua DPR Puan Maharani. Puan menjadi tokoh ke - 13 yang meraih gelar tersebut dari Undip.

Penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Nasional semula diusulkan oleh DPP Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Usulan itu mendapat sambutan positif dan direkomendasikan oleh sejumlah tokoh seperti Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, DPP IKA FIB, juga Menko Polhukam Mahfud MD.

“Setelah melalui serangkaian pengkajian, penelaahan yang terukur, kredibel dan akuntabel Senat Akademik bersepakat memberikan Persetujuan bulat pada rapat Senat Akademik Undip menyetujui Puan Maharani layak dan patut dan layak memperoleh gelar Doktor Honoris Causa,” tulis keterangan resmi Undip, Jumat (14/2/2020).

Persetujuan Senat Akademik tersebut didasarkan pada ketentuan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2016 tentang Pemberian Gelar Doktor Kehormatan.

Puan Maharani dinilai telah terbukti berkontribusi signifikan terhadap kemajuan, kemakmuran, dan kesejahteraan bangsa, negara serta umat manusia. Kontribusi itu dinilai terlihat dalam kedudukannya yang pernah menjabat Menko PMK pada pemerintahan Jokowi - JK.

Puan dianggap berperan dalam kebijakan penyusunan beberapa produk hukum seperti UU Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan Indonesia juga produk hukum Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 7 tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial.

Persetujuan Senat Akademik Undip kemudian ditindaklanjuti dengan Keputusan Rektor Undip dan dibentuknya tim review serta pembimbingan tulisan naskah pidato penganugerahan.

Universitas Diponegoro memiliki kaitan unik dengan keluarga Bung Karno. Nama Universitas Diponegoro diberikan Presiden Pertama RI Ir Soekarno alias Bung Karno yang tak lain adalah Kakek Puan Maharani.

Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan untuk Puan Maharani dihadiri Megawati, Jusuf Kalla, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Gubernur Ganjar Pranowo dan beberapa Gubernur lain serta para menteri Kabinet. Hadir di antaranya Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri PAN-RB Tjahyo Kumolo, Menkumham Yasonna Laoly, dan Mendagri Tito Karnavian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

undip puan maharani
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top