Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Malaysia Bakal Rilis Paket Stimulus

Pemerintah Malaysia akan mengumumkan paket stimulus pada Maret mendatang untuk memacu pertumbuhan ekonomi di tengah hantaman wabah virus corona.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 13 Februari 2020  |  19:00 WIB
Bank Negara Malaysia - alumni.bnm.gov.my
Bank Negara Malaysia - alumni.bnm.gov.my

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah Malaysia akan mengumumkan paket stimulus pada Maret mendatang untuk memacu pertumbuhan ekonomi di tengah hantaman wabah virus corona.

Dilansir dari Bloomberg, Kamis (13/2/2020), Menteri Transportasi Anthony Loke mengatakan paket stimulus tersebut akan melibatkan semua kementerian.

Sebelumnya, Gubernur Bank Negara Malaysia Nor Shamsiah Mohd Yunos mengungkapkan paket kebijakan itu diharapkan dapat mendukung semua sektor yang tertekan akibat wabah corona, termasuk sektor pariwisata dan manufaktur.

“Kami tahu bahwa wabah virus corona berdampak negatif kepada Malaysia, terutama pada kuartal awal tahun ini," ujarnya.

Fitch Solutions memangkas prospek pertumbuhan Malaysia tahun ini menjadi 3,7% dari sebelumnya 4,5%, sedangkan RHB Research and Oversea-Chinese Banking Corp. juga memangkas prospek pertumbuhan menjadi 4%.

Padahal, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi mampu bergerak hingga 4,8% pada tahun ini. Per kuartal IV/2019, pertumbuhan ekonomi Malaysia tumbuh 3,6%. Angka itu merupakan pertumbuhan terendah sejak 2009.

Yap Lip Seng, Ketua Asosiasi Perhotelan Malaysia, mengemukakan banyak reservasi hotel dibatalkan setelah China menerapkan larangan perjalanan. “Harapan terbaik kami adalah kami mampu meminimalisasi kerugian. Jika pemerintah tidak terlibat, industri akan tumbang,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi malaysia

Sumber : Bloomberg

Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top