Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dugaan Korupsi Pelindo II : RJ. Lino Jalani Pemeriksaan di KPK

R.J Lino disangka KPK telah melawan hukum dan menyalahgunakan wewenangnya sebagai Dirut PT Pelindo II ketika itu untuk memperkaya diri sendiri, orang lain dan atau korporasi.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 23 Januari 2020  |  11:12 WIB
Mantan Direktur Utama PT Pelindo II Richard Joost Lino hari ini menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di Komisi Pemberantasan Korupsi. - Antara
Mantan Direktur Utama PT Pelindo II Richard Joost Lino hari ini menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di Komisi Pemberantasan Korupsi. - Antara

Kabar24.com, JAKARTA — Mantan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II RJ. Lino diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan korupsi pengadaan Quay Countainer Crane (QCC) di perusahaan itu.

RJ. Lino dipanggil komisi antirasuah itu dalam kapasitasnya sebagai tersangka kasus tersebut. Kepada media, dia menyebut pemanggilan ini sebagai proses yang harus dihadapinya.

“Ini proses yang harus dihadapi, saya akan hadapi itu. I know what I'm doing,” katanya di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Selain dirinya, KPK juga memanggil Dirut PT Jayatech Putra Perkasa, Paulus Kokok Parwoko. Dia diperiksa sebagai saksi untuk kasus yang menjerat RJ Lino.

RJ. Lino disangka KPK telah melawan hukum dan menyalahgunakan wewenangnya sebagai Dirut PT Pelindo II ketika itu untuk memperkaya diri sendiri, orang lain dan atau korporasi.

Penyalahgunaan kekuasaan dibuktikan dengan memerintahkan penunjukan langsung terhadap perusahaan asal China, Wuxi Huangdong Heavy Machinery, sebagai pelaksana proyek pengadaan tiga unit QCC di PT Pelindo II. 

Adapun pengadaan QCC pada 2010 diadakan di Pontianak, Palembang, dan Lampung dengan nilai proyek sekitar Rp100 miliar. Sejauh ini, tim penyidik juga belum melakukan penahanan terhadap R.J Lino yang telah menyandang status tersangka sejak 2015.

Sementara itu, Plt juru bicara KPK Ali Fikri mengatakan pemeriksaan RJ. Lino hari ini dipanggil dengan kapasitas tersangka dari kasus tersebut.

"Yang bersangkutan [RJ. Lino] dipanggil untuk diperiksa dengan kapasitasnya sebagai tersangka," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK korupsi pelindo ii rj lino
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top