Jokowi Berharap AS Bantu Pembangunan SDM dan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo berharap United States-Asean Business Council bisa membantu mempromosikan kerjasama di bidang pembangunan sumber daya manusia dan infrastruktur.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 05 Desember 2019  |  10:58 WIB
Jokowi Berharap AS Bantu Pembangunan SDM dan Infrastruktur
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Presiden Amerika Serikat Donald Trump di sela-sela menghadiri KTT G20, di Osaka, Jepang, Jumat (28/6/2019). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo berharap United States-Asean Business Council bisa membantu mempromosikan kerjasama di bidang pembangunan sumber daya manusia dan infrastruktur.

Pernyataan itu disampaikan oleh Jokowi dalam pertemuan dengan United States-Asean Business Council di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (5/12/2019) pagi. Pertemuan itu dianggap oleh Jokowi sebagai "kesempatan emas" untuk bertukar pikiran secara terbuka mengenai kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Jokowi menyatakan rata-rata pertumbuhan ekonomi Asean sebesar 5,1% pada 2018 dan lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata pertumbuhan global. Pertumbuhan ekonomi Indonesia, menurut Jokowi, juga tumbuh lebih dari 5% dalam 5 tahun terakhir.

Indonesia dan Asean, menurut Jokowi, akan berlari cepat untuk memperoleh pertumbuhan dan distribusi yang merata. Di samping itu, Indonesia dan Asean terbuka untuk kerjasama dengan berbagai negara untuk kepentingan bersama pada saat ini.

Jokowi menyatakan hubungan Indonesia dan Amerika Serikat cukup kuat, termasuk dalam hal kerjasama ekonomi. Jokowi menyatakan Amerika Serikat adalah mitra dagang keempat terbesar Indonesia. Investasi Amerika Serikat di Indonesia juga mencapai US$1,2 miliar. Volume perdagangan Indonesia dan Amerika juga diharapkan dapat meningkat hingga US$60 miliar sampai 2024.

"Saya berharap delegasi dari Amerika Serikat bisa mengoptimalkan kesempatan untuk mempromosikan kerjasama khususnya di bidang pembangunan sumber daya manusia dan infrastruktur," kata Jokowi, Kamis (5/12/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, sumber daya manusia

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top