Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelaku Seni Kenang Ciputra : Pak Ci Pelopor dan Inspirator

Selain dikenal sebagai begawan properti Indonesia, pengusaha pendiri Ciputra Group, Ir Ciputra juga termasyhur akan perhatiannya yang besar pada bidang seni.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 27 November 2019  |  17:07 WIB
Ciputra
Ciputra

Bisnis.com, JAKARTA - Selain dikenal sebagai begawan properti Indonesia, pengusaha pendiri Ciputra Group, Ir Ciputra juga termasyhur akan perhatiannya yang besar pada bidang seni.

Dia mendirikan Ciputra Artpreuneur di bilangan Kuningan, Jakarta, yang merupakan satu-satunya pusat seni di Indonesia berstandar internasional dengan kapasitas 1.157 kursi. 

Pusat seni itu juga mencakup museum karya seniman Hendra Gunawan yang merupakan koleksi pribadi Pak Ci, begitu dia biasa disapa.

Suwarno Wisetrotomo, Kurator dari Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta mengatakan, Ciputra adalah pelopor sekaligus inspirator di bidang seni rupa. Tak hanya maestro di bidang properti, kiprahnya juga merambah seni dan budaya.

"Pak Ci adalah inspirator. Pak Ci menggagas lahirnya artpreneurship, yang memikirkan kerja seni dan karya seni menjadi kerja dan produk budaya yang produktif," katanya kepada Bisnis, Rabu (27/11/2019).

Dia melanjutkan, institusi gedung pertunjukan Ciputra, dan koleksi karya seni rupa, terutama karya Hendra Gunawan merupakan bukti komitmen, keberpihakan, dan passion Ciputra kepada seni budaya.

Suwarno melanjutkan, masyarakat terutama pelaku seni dan budaya pantas mengenang sang pelopor dan inspirator itu dengan takzim.

"Semoga berpulang dalam damai," ujar Suwarno.

Ciputra meninggal dunia di Singapura sekira pukul 01.05 waktu setempat. Selain pengusaha properti, Ciputra juga dikenal sebagai seorang filantropis, dan berkiprah di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra, pendiri Universitas Pembangunan Jaya dan penggerak Universitas Tarumanegara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ciputra
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top