Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Eks-Ajudan Goliath Tabuni Gabung NKRI, Ini Aktivitasnya

Telangga Gire, eks anggota Organisasi Papua Merdeka pimpinan Goliath Tabuni, kini memiliki aktivitas baru. Sejak beberapa bulan lalu ia memutuskan kembali ke pangkuan NKRI.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 26 November 2019  |  17:08 WIB
Panen perdana di perkebunan Telangga Gire, eks anggota OPM ajudan Goliath Tabuni - Istimewa
Panen perdana di perkebunan Telangga Gire, eks anggota OPM ajudan Goliath Tabuni - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Telangga Gire, eks anggota Organisasi Papua Merdeka pimpinan Goliath Tabuni, kini memiliki aktivitas baru. Sejak beberapa bulan lalu ia memutuskan kembali ke pangkuan NKRI.

Telangga Gire kini menjadi petani jagung di lahan seluas 2 hektare bersama keluarganya di Distrik Tingginambut Papua. Dia mengaku kehidupannya saat ini sudah semakin membaik dibandingkan saat bergabung dengan OPM.

Telangga Gire pernah menjadi ajudan pribadi Goliath Tabuni. 

Goliath Tabuni sempat menjadi Panglima Tinggi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat dan sudah beroperasi melawan pemerintahan RI sejak 2004 bersama anggotanya.

Telangga Gire mengaku dirinya sama sekali tidak menyesal karena meninggalkan bos Goliath Tabuni dan memilih berada di posisi NKRI hingga saat ini.

Dia mengaku sempat kebingungan pada awal bergabung dengan NKRI, karena tidak memiliki aktivitas apa pun, hingga akhirnya Dandim 1714/PJ memberikan sejumlah bibit untuk ditanam. Ia mendapat bibit jagung, kacang tanah dan pendampingan langsung dari anggota Kodim 1714/PJ dalam mengelola kebunnya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dandim yang telah banyak membantu saya dan keluarga," tuturnya, Selasa (26/11/2019).

Rasa bangganya bergabung ke NKRI bertambah saat panen jagung perdana dirinya dikunjungi Dandim 1714/PJ dan mendapatkan apresiasi.

Telangga Gire mengaku bersyukur karena dapat berkumpul bersama keluarga saat panen jagung perdananya itu.

"Sekali lagi terima kasih Bapak Dandim 1714/PJ bersama rombongan yang sudah berkenan hadir dalam acara panen perdana ini," kata Telangga Gire.

Sementara itu, Dandim 1714/PJ Letkol Inf Agus Sunaryo mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan  Telangga Gire setelah kembali ke NKRI. Agus mengaku bangga ada eks anggota OPM yang kembali ke NKRI dan melakukan aktivitas positif bersama keluarga.

"Hari ini kita semua berkumpul untuk bersama sama-sama melaksanakan panen perdana di kebun saudara Telangga Gire," ujar Agus.

Dalam kesempatan itu Agus Sunaryo bersama anggota Kodim 1714/PJ memberikan bantuan Sembako kepada Keluarga besar Telangga Gire.

“Memang tidak banyak apa yang kami berikan, tetapi kami berharap semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Keluarga Saudara Telangga Gire," tutur Agus.

Kegiatan panen jagung bersama juga dihadiri Sekretaris Distrik Tingginambut Olies Kogoya, Pasiter Kodim 1714/PJ Kapten Inf Indra Siswanto, Danposramil Tingginambut Sertu Mohammad.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

opm papua
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top