Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baznas Gandeng Insight dan Invisee Berangkatkan Guru Ibadah Umrah

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan dua perusahaan di bidang reksa dana dan investasi, PT Insights Invesments Management dan PT Nusantara Sejahtera Investama memberangkatkan 25 orang guru ibadah umrah ke tanah suci.
Badan Amil Zakat Nasional/Istimewa
Badan Amil Zakat Nasional/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan dua perusahaan di bidang reksa dana dan investasi, PT Insights Invesments Management dan PT Nusantara Sejahtera Investama memberangkatkan 25 orang guru ibadah umrah ke tanah suci.

Program bertajuk “Berbagi Berkah Umroh untuk Guru” ini sebagai penghormatan kepada para pendidik bangsa tepat pada Hari Guru Nasional pada 25 November 2019. Donasi untuk para guru ini disampaikan dalam Press Conference yang diselenggarakan di Jakarta, Senin (25/11/2019).

Hadir dalam acara tersebut, Direktur Utama Baznas, M Arifin Purwakananta, Head of Business Alliances PT Insights Invesments Management, Andrean Malta, dan Direktur Utama PT Nusantara Sejahtera Investama, Eri Primaria.

Direktur Utama Baznas M Arifin Purwakananta mengatakan program ini ditujukan kepada guru inspiratif dan inovatif yang memiliki semangat kuat memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Para guru yang memperoleh kesempatan ini adalah guru yang masuk kategori Mustahik atau berhak menerima zakat.

Donasi umroh ini menjadi salah satu komitmen Baznas dalam membantu para mustahik dari kemiskinan dan dosa, yakni salah satunya dengan memberikan kesempatan kepada guru untuk menyempurnakan ibadahnya.

“Guru dipilih sebagai penerima manfaat karena dianggap telah memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui bidang pendidikan,” katanya.

Ia mengatakan, selain kerja sama, momentum ini juga menjadi kesempatan Baznas memperkenalkan program sedekah reksa dana sekaligus meluncurkan halaman sedekah reksa dana dimana donatur dapat menyalurkan sedekahnya.

"Produk sedekah reksa dana juga dapat dikonversi menjadi sedekah. Oleh karena itu kami meluncurkan halaman sedekah reksa dana bagi para muzaki yang ingin bersedekah melalui Baznas. Dari pengelolaan tersebut, nantinya sebagian dari dananya dapat dimanfaatkan bagi program pemberangkatan umroh selanjutnya bagi masyarakat yang kurang mampu setiap tahunnya,” ujarnya.

Sementara itu, Head of Business Alliances PT Insights Invesments Management, Andrean Malta menjelaskan bahwa program ini salah satunya berasal dari dana CSR yang dikeluarkan dari produk reksa dan I-hajj yang dikelola oleh perusahaannya.

Calon penerima manfaat, lanjut Andrean, merupakan guru mustahik Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, diantaranya dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

“Nantinya guru yang terpilih akan mendapatkan kesempatan umrah yang akan dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2020 bersama dengan 75 orang penerima manfaat lainnya,” jelasnya.

Andrean berharap kerja sama di Hari Guru Nasional ini menjadi jalan untuk menyempurnakan ibadah para guru mustahik yang senantiasa terus berjuang dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Masyarakat yang ingin berkontribusi untuk program ini dapat menyalurkan melalui Baznas yakni dengan cara membuka situs Baznas.go.id.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Akhirul Anwar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper