Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Berpotensi Landa Beberapa Wilayah Indonesia

Hujat lebar disertai angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia dalam tiga hari ke depan. Prediksi tersebut disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk tiga hari ke depan terhitung sejak 7 hingga 9 November 2019.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 07 November 2019  |  17:53 WIB
Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Berpotensi Landa Beberapa Wilayah Indonesia
Ilustrasi - ANTARA/Dedhez Anggara

Bisnis.com, JAKARTA – Hujat lebar disertai angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia dalam tiga hari ke depan.

Prediksi tersebut disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk tiga hari ke depan terhitung sejak 7 hingga 9 November 2019.

"Berdasarkan pengamatan BMKG terdapat siklon tropis Nakri di Laut China Selatan bagian utara, sirkulasi siklonik di Vietnam (level 925/850hpa), sirkulasi siklonik di Samudera Pasifik utara Papua (level 925/700 hPa), sirkulasi siklonik di utara Australia (level 925/900 hPa), serta sirkulasi udara tertutup di Papua Barat," ujar keterangan resmi Bagian Komunikasi BMKG, Kamis (7/11/2019).

Konvergensi terdapat di wilayah Laut Andaman, Kalimantan bagian utara, dan Samudra pasifik utara Papua. Selain itu terdapat belokan angin di wilayah Sumatra bagian utara dan tengah, Kalimantan bagian barat, tengah dan timur, Sulawesi bagian tengah, Maluku bagian tengah, Papua barat, dan Papua.

"Low level jet stream dengan kecepatan angin dapat mencapai >25 knot berpotensi terjadi di Laut China Selatan bagian utara, dan Samudera Hindia selatan Jawa Barat," lanjut keterangan BMKG.

Berdasar pantauan BMKG hari ini, 7 November 2019, potensi hujan lebat terdapat di wilayah Riau, Sumatra Selatan, dan Kalimantan Utara.

Untuk esok hari, 8 November2019, kondisi ini masih berpotensi terjadi di Riau dan Kalimantan Utara.

Lusa, 9 November 2019, di wilayah Riau, Sumatra Selatan, Kalimantan Utara, dan Gorontalo masih berpotensi terjadi hujan lebat.

"Hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi pada hari ini, 7 November 2019, di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Jawa Barat, Papua, kondisi ini masih berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat dan Papua hingga esok harinya, 8 November 2019," papar BMKG.

Hujan lebat disertai angin kencang dan petir juga berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Jambi, Jawa Barat, Jabodetabek, Kalimantan Barat dan Papua pada 9 November 2019.

BMKG mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang juga mempersiapkan diri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
BMKG, Cuaca Indonesia

Sumber : bmkg

Editor : Saeno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top