Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bei Bei, Panda Kebun Binatang Washington Pulang ke China Bulan Depan

Kebun Binatang Nasional Washington akan segera kehilangan Bei Bei, panda laki-laki berusia 4 tahun dari pasangan panda raksasa.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 20 Oktober 2019  |  10:06 WIB
Sumber: Reuters
Sumber: Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kebun Binatang Nasional Washington akan segera kehilangan Bei Bei, panda laki-laki berusia 4 tahun dari pasangan panda raksasa. Bei Bei berangkat ke China bulan depan untuk membantu membiakkan lebih banyak spesiesnya di tanah kelahiran orang tuanya.

"Bei Bei adalah bagian dari keluarga kami," Steve Monfort, direktur Kebun Binatang Nasional Smithsonian, mengatakan dalam sebuah pernyataan, dilansir Reuters, Sabtu (19/10/2019).

"Kami sedih dia akan pergi, tetapi gembira atas kontribusi yang akan dia berikan kepada populasi panda raksasa global," lanjutnya.

Beruang dan panda adalah binatamg favorit pengunjung. Para fans telah menyaksikan Bei Bei tumbuh dari seekor bayi kecil menjadi panda seberat 240 kg (109 kg) selama bertahun-tahun.

"Panda raksasa itu ikon. Kami menganggap mereka 'Panda Amerika," katanya

Kebun binatang ini telah berkolaborasi dengan ilmuwan China dalam program pelestarian sejak menerima panda pertamanya pada 1972 setelah kunjungan Presiden Richard Nixon ke China. Sebagai bagian dari program itu, panda dikembalikan ke China pada usia 4 tahun sehingga mereka dapat berkembang biak ketika mencapai kematangan seksual pada usia 5 tahun.

Program ini adalah kunci dari upaya untuk memperkenalkan kembali panda ke alam liar. Berkat upaya untuk memperluas habitat di mana spesies dapat bertahan hidup, panda telah direklasifikasi dari "terancam" menjadi "rentan" oleh Uni Internasional untuk Pelestarian Alam. Diperkirakan ada 1.800 panda raksasa di alam liar.

Bei Bei bukan yang pertama di keluarganya bepergian ke luar negeri. Orang tuanya, Mei Xiang dan Tian Tian, tiba dari China pada 2000, dan kakak laki-lakinya, Tai Shan dan Bao Bao, keduanya diberangkatkan ke China ketika mereka sudah cukup umur.

Pihak kebun binatang sedang mempersiapkan Bei Bei untuk langkah besar itu, yang direncanakan pada 19 November 2019. Mereka akan membuatnya terbiasa dengan peti perjalanannya, dengan melatihnya untuk berjalan melewatinya, kemudian menghabiskan waktu di dalam dengan pintu tertutup.

Selama penerbangannya ke China, para penjaga kebun binatang berencana untuk mengepak banyak makanan ringan favoritnya, seperti bambu, pir, dan kentang manis yang dimasak.

Penggemar Bei Bei akan memiliki banyak kesempatan untuk mengucapkan selamat tinggal. Acara “Bye Bye, Bei Bei” akan berlangsung selama seminggu bulan depan, menampilkan kegiatan dari pemberian makanan harian hingga cakupan Panda-cam khusus, yang akan mengalirkan Bei Bei 24/7 selama seminggu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

panda
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top