Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menlu Retno : Milenial Bakal Perkuat Kemitraan RI-Korsel

Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi menerima kunjungan 26 pemuda terkemuka Indonesia dan Korea Selatan dalam rangka pembukaan Pertemuan Pertama RI-RoK Young Leaders Dialogue, di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI.
Menlu Retno Marsudi/Dok. Kemenlu
Menlu Retno Marsudi/Dok. Kemenlu
Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi menerima kunjungan 26 pemuda terkemuka Indonesia dan Korea Selatan dalam rangka pembukaan Pertemuan Pertama RI-RoK Young Leaders’ Dialogue, di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI.
 
"Kaum muda dan milenial akan memainkan peran penting guna semakin memperkuat dan mengisi kemitraan spesial RI-Republik Korea," kata Retno dalam pertemuan itu, sebagaimana dikutip dalam siaran pers, Kamis (10/10/2019).
 
Menurut dia, peran itu setidaknya memiliki tiga bentuk, yakni peran menjadi agen perdamaian dengan menyebarkan pesan-pesan positif, peran sebagai agen kemajuan ekonomi dan pembangunan dengan membantu pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), dan agen inovasi melalui upaya mendorong kemajuan teknologi dan ekonomi digital.
 
Kementerian Luar Negeri menjadi tuan rumah pelaksanaan 1st RI-RoK Young Leaders Dialogue yang berlangsung dua hari, yakni 10-11 Oktober 2019 di Jakarta. Tema utama yang diusung adalah RI-RoK Special Strategic Partnership: Harnessing the Potentials of the Young Leaders.
 
Ide kegiatan pertama kali tercetus saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Seoul pada 2018 dan ditegaskan kembali oleh Menlu kedua negara dalam kesempatan Joint Commission Meeting ke-3 RI-RoK, April 2019.
 
Penyelenggaraan Young Leaders' Dialogue (YLD) ditujukan untuk meningkatkan saling pemahaman antarmasyarakat Indonesia dan Korea, terutama di antara kalangan generasi muda. 
 
Peserta YLD berasal dari beragam latar belakang profesi, seperti pemerintah, media, pendidikan, bisnis, ekonomi kreatif, dan pekerjaan sosial. Para peserta diharapkan dapat berkontribusi dalam menjembatani kesenjangan persepsi, membangun jejaring dan menghasilkan rekomendasi konstruktif guna perkokoh kerja sama kedua negara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper