Anwar Ibrahim : Habibie Negarawan yang Mampu Jaga Kerukunan Keluarga

Tokoh politik Malaysia Dato' Seri Anwar Ibrahim mengatakan ia meneladani cara BJ Habibie menjaga kerukunan keluarga hingga akhir hayatnya pada 11 September 2019.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Oktober 2019  |  10:13 WIB
Anwar Ibrahim : Habibie Negarawan yang Mampu Jaga Kerukunan Keluarga
Presiden ketiga RI B.J. Habibie melambaikan tangan saat akan menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015). - ANTARA/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA -  Nama besar mendunia dan kemampuan menjaga kerukunan keluarga menjadi poin yang diteladani Anwar Ibrahim dari almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie.

Tokoh politik Malaysia Dato' Seri Anwar Ibrahim mengatakan ia meneladani cara B.J. Habibie menjaga kerukunan keluarga hingga akhir hayatnya pada 11 September 2019.

Pernyataan itu disampaikan Anwar di Jakarta, Rabu malam, usai bertakziah atau menemui keluarga Habibie pada malam ke-28 setelah Presiden ke-3 RI itu wafat.

"Kerukunan hidup keluarga, itu yang jarang saya temukan dalam hidup seorang negarawan. B.J. Habibie mampu menunjukkan hal tersebut," kata Anwar Ibrahim, di perpustakaan pribadi Habibie, di Jakarta.

Anwar menjelaskan Habibie menunjukkan dengan jelas bagaimana dia menjaga kerukunan dan kecintaan kepada keluarganya

"Dia tulis di bukunya mengenai Ainun. Wan Azizah (istri Anwar Ibrahim) membaca buku itu sampai habis, dia menangis dan terharu dengan bagaimana kerukunan dan kecintaan itu terus dijaga oleh Habibie," tutur Anwar mengenai sosok Habibie.

Tak hanya itu, Anwar Ibrahim mengaku meneladani cara Habibie menekankan nilai kerohanian dalam seluruh aspek hidupnya.

"Dalam sejarah hidup Habibie sebagai seorang negarawan, dia memberi penekanan besar kepada nilai kerohanian, spiritual dimension. Manusia bisa memiliki segalanya, kuasa, tanah, harta, tetapi pada akhirnya dia akan menemui Allah SWT," terang Anwar.

Bagi Anwar, Habibie mampu menunjukkan kepekaan terhadap nilai spiritual secara tulus berdasarkan panggilan nuraninya.

"Spiritual dimension ini biasa kita temukan dari tulisan kiai-kiai, tetapi B.J. Habibie mampu menunjukkan kepekaan itu dari luapan hati nuraninya," ungkap Anwar.

Usai bertakziah dan memberi tausiyah/ceramah kepada para pelayat di kediaman Habibie, Anwar Ibrahim banyak bercerita mengenai kedekatannya dengan Presiden ke-3 RI itu beserta istri dan anak-anaknya, Thareq Kemal Habibie dan Ilham Akbar Habibie. Bahkan, Anwar sempat menjenguk Habibie beberapa hari sebelum ia wafat.

Walaupun demikian Anwar tak sempat menghadiri upacara pemakaman B.J. Habibie pada 12 September di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
habibie, anwar ibrahim

Sumber : Antara

Editor : Saeno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top