Sama-Sama dari Sulsel, Begini Kenangan Wapres Jusuf Kalla atas Habibie

Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai B.J. Habibie merupakan sosok yang meletakkan dasar demokrasi dan pembangunan teknologi bagi Indonesia.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 12 September 2019  |  11:03 WIB
Sama-Sama dari Sulsel, Begini Kenangan Wapres Jusuf Kalla atas Habibie
Presiden ketiga RI B.J. Habibie melambaikan tangan saat akan menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015). - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai B.J. Habibie merupakan sosok yang meletakkan dasar demokrasi dan pembangunan teknologi bagi Indonesia.

"Beliau telah menghabiskan waktunya untuk membangun bangsa ini dalam dua hal yang sangat penting, teknologi dan juga demokrasi bangsa ini," kata Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Kamis (12/9/2019).

Menurut Jusuf Kalla, sosok Habibie semasa hidupnya merupakan seorang ilmuwan yang menghasilkan berbagai terobosan teknologi bagi Bangsa Indononesia. Saat yang sama ia juga menunjukkan kenegarawanan dengan melakukan berbagai upaya yang membawa Indonesia dapat melewati krisis multisektor pada 1998.

"Tidak mudah menyatukan hal itu [teknokrat dan politik]. Bung Karno juga seorang insinyur tapi lebih kepada politik. Kalau beliau [Habibie] lebih kepada implementasi teknologi, terus [dalam pengelolaan] pemerintahan," kata Wapres JK.

Jusuf Kalla menyebutkan dirinya dan Habibie berasal dari wilayah yang sama, Sulawesi Selatan. Untuk itu dirinya mengenal sosok Habibie sebagai ilmuwan semenjak masih sangat muda.

"Mari kita mendoakan arwah almarhum diterima di sisi-Nya dengan sangat baik, karena jasa seorang pejuang negarawan harus menjadi panutan kita semua," kata Wapres JK.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
habibie, Wapres JK, TMP Kalibata

Editor : Saeno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top