Kabar BJ Habibie Meninggal Dunia Dipastikan Bohong, Ini Doa Netizen

Media sosial, salah satunya Facebook sempat diwarnai kabar mantan Presiden RI BJ Habibie meninggal dunia.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 10 September 2019  |  09:21 WIB
Kabar BJ Habibie Meninggal Dunia Dipastikan Bohong, Ini Doa Netizen
Presiden ke-3 RI sekaligus Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) BJ Habibie tertawa saat pembukaan Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) Tahun 2017 di Istana Kepresidenan Bogor, Jakarta, Jumat (8/12). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Media sosial, salah satunya Facebook, pada Selasa dinihari sempat diwarnai kabar mantan Presiden RI BJ Habibie meninggal dunia. Hal itu serta merta memancing munculnya ucapan bela sungkawa dari para netizen.

Kabar itu selain mengejutkan juga mengherankan, karena sejauh pemberitaan di media massa kondisi Habibie dikabarkan membaik.

Tak lama, kabar meninggalnya BJ Habibie pun mendapat ralat dari netizen. Salah satunya, pemiliki akun Boyke rm di Facebook menulis "Setelah di chek ternyata BERITA tersebut memberikan kekuatan setelah kritis semoga disembuhkan Alloh untuk Pa Habibie."

Komentar tersebut lantas mendapat tanggapan dari warganet lainnya, salah satunya pemilik akun Neni Puspita menulis "Beliau semakin sehat dan panjang usia.. Hoax terus menerus menyebar berita wafatnya beliau."

Bantahan soal kabar meninggalnya BJ Habibie juga disampaikan Sekretaris pribadi Presiden ke-3 Republik Indonesia tersebut.

Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, yang menyatakan pada Antara, di Jakarta, Selasa pagi, bahwa kondisi kesehatan mantan pemimpin Indonesia tersebut kian membaik.

"Aman terkendali, terima kasih," kata Rubijanto saat menjawab pertanyaan mengenai kondisi kesehatan terkini BJ Habibie.

Pernyataan dari salah satu orang dekat BJ Habibie tersebut memperkuat pernyataan dari sumber terpercaya Antara di lokasi perawatan Habibie, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa pagi yang juga menolak kabar yang awalnya beredar di media sosial tersebut.

"Alhamdulillah beliau [Habibie] masih diberikan usia. Hanya masih dibantu alat pernapasan," kata sumber tersebut yang sekaligus menampik kabar bahwa Habibie telah mangkat pada Selasa dinihari.

Adapun informasi meninggalnya mantan pemimpin Indonesia tersebut awalnya beredar melalui sebuah pesan dalam sosial media Facebook yang kemudian disebarkan lebih jauh lagi melalui aplikasi obrolan elektronik WhatsApp, oleh orang-orang yang membaca pesan tersebut di Facebook.

Dari pantauan Antara pesan tersebut mulai muncul Selasa dinihari sekitar pukul 00:00 WIB, namun dihapus pada pukul 05:00 WIB.

Ketika Antara mengecek kabar itu langsung ke lokasi Habibie dirawat intensif di RSPAD Gatot Soebroto sejak pukul 05:40 WIB, tidak terlihat adanya pengawalan atau kolega dan pejabat negara yang menjenguk sebagaimana lazimnya ketika seorang tokoh bangsa meninggal dunia.

Hanya terlihat beberapa pasien atau keluarga pasien yang akan mengurus administrasi rumah sakit. Akses menuju ruang CICU tempat Habibie dirawat pun tampak lengang ketika Antara mencoba mencari lokasi tempat Habibie dirawat.

Dari informasi terakhir yang beredar, Habibie tengah menjalani perawatan intensif di ruangan CICU lantai 2, Gedung Utama RSPAD sejak Senin (2/9) lalu oleh Tim Dokter Kepresidenan.

Agar salah satu bapak bangsa tersebut mendapat perawatan optimal dan dapat istirahat penuh, Tim Dokter Kepresidenan untuk sementara waktu belum mengizinkan BJ Habibie untuk dikunjungi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bj habibie

Sumber : Antara/facebook

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top