Bamsoet vs Airlangga: Golkar akan Kembali Terbelah?

Tak lepas dirundung malang, Partai Golkar kembali dilanda perpecahan internal dalam beberapa pekan terakhir menjelang musyawarah nasional (munas) pada tahun ini.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 10 September 2019  |  08:46 WIB
Bamsoet vs Airlangga: Golkar akan Kembali Terbelah?
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kedua kiri) bersama Sekjen Partai Golkar Idrus Marham (kanan), Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie (kedua kanan) dan Ketua Harian Golkar Nurdin Halid menghadiri pembukaan Rapimnas Partai Golkar di Jakarta Convention Center, Senin (18/12). - ANTARA/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Tak lepas dirundung malang, Partai Golkar kembali dilanda perpecahan internal dalam beberapa pekan terakhir menjelang musyawarah nasional (munas) pada tahun ini.

Sejumlah intrik maupun penggalangan dukungan pada sosok calon ketua umum makin terlihat membelah salah satu parpol tertua di Indonesia itu. Pembelahan tersebut dipicu oleh persaingan antara Wakil Koordinator Bidang Pratama Golkar, Bambang Soesatyo alias Bamsoet dan sang Ketua Umum Airlangga Hartarto selaku bakal calon petahana untuk merebut posisi puncak di partai itu.

Sebagai Ketua DPR, secara lantang Bamsoet mengklaim  telah mendapat dukungan dari sejumlah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Tingkat I dan organisasi sayap partai. Hal itu dikemukakannya dalam sejumlah kesempatan, termasuk dalam pertemuannya dengan organisasi sayap Golkar.

Sedangkan, Airlangga secara mengejutkan beberapa waktu lalu memboyong 34 Ketua DPD Golkar untuk menghadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Sulit untuk dibantah kalau apa yang dilakukan oleh Airlangga tersebut merupakan move politik bahwa partai yang biasanya merapat ke pemerintah itu masih eksis mendukung Jokowi.

Sebagai Menteri Perindustrian, Airlangga juga terlihat akrab dengan Presiden Jokowi dalam beberapa kesempatan, termasuk saat meresmikan mobil Esemka pekan lalu.  

 

Tag : partai golkar
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top