Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perayaan Malam 1 Suro: Mengenal Kebo Bule sang Pimpinan Kirab

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat rutin menggelar Kirab Malam 1 Suro menyambut pergantian tahun Islam. Namun penentuan tradisi Kirab 1 Sura didasarkan pada perhitungan kalender Jawa yang menggabungkan kelender Hijriah dan Tahun Saka.

Bisnis.com, SOLO  - Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat rutin menggelar Kirab  Malam 1 Suro menyambut pergantian tahun Islam. Namun penentuan tradisi Kirab 1 Sura didasarkan pada perhitungan kalender Jawa yang menggabungkan kelender Hijriah dan Tahun Saka.

Penentuan malam 1 Sura oleh Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat berbeda karena menggunakan penghitungan kalender Jawa. Sebab itu, kirab kerbau bule dilakukan mundur satu malam dibandingkan penanggalan 1 Sura yang ditetapkan pemerintah dalam kalender nasional.

Berdasarkan agenda dari Dinas Pariwisata Kota Solo, acara Kirab 1 Sura digelar hari Sabtu malam tanggal 31 Agustus 2019.

Kirab yang identik dengan salah satu pusaka keraton, yakni Kebo Bule, ini dimulai pukul 00.00 WIB sampai selesai. Rute kirab biasanya dimulai dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menuju Supit Urang kemudian ke Gladak, Jl Mayor Kusmanto, Jl Kapten Mulyadi, Jl Veteran, Jl Yos Sudarso, dan Jl Slamet Riyadi, kemudian kembali ke Keraton.

Belum punya acara weekend? Ritual kirab Keraton Surakarta tersebut bisa menjadi salah satu alternatif untuk berakhir pekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Sumber : Solopos.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper