Ekuitas Hungaria Makin Unggul di Pasar Global

Pasar ekuitas Hungaria mencatat kinerja cemerlang selama setengah dekade terakhir dan menjadi semakin diminati secara global.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 28 Agustus 2019  |  14:59 WIB
Ekuitas Hungaria Makin Unggul di Pasar Global
Suasana pameran di Hungaria - utazas.hungaexpo.hu/.jpg

Bisnis.com, JAKARTA -- Pasar ekuitas Hungaria mencatat kinerja cemerlang selama setengah dekade terakhir dan menjadi semakin diminati secara global.

Memburuknya sentimen global telah membuat saham di negara bekas komunis itu menjadi yang termurah sejak 2013 bahkan pada saat prospek laba perusahaan Hungaria terus membaik.

Dilansir melalui Bloomberg, indeks BUX sekarang diperdagangkan pada estimasi laba 8,6 kali, setara dengan pasar ekuitas Rumania dan dibandingkan dengan rasio 11,5 kali pada MSCI Emerging Markets Index.

Menurut Norbert Cinkotai, seorang analis di KBC Equitas Zrt. di Budapest, mismatch antara penurunan nilai pasar dan prospek optimistis untuk bisnis lokal membuat saham Hungaria cenderung unggul dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Pertumbuhan pendapatan dan konsumsi yang pesat memicu ekspansi ekonomi Hungaria menjadi yang tercepat di Uni Eropa dan menguntungkan perusahaan-perusahaan seperti OTP Bank Nyrt., pemberi pinjaman terbesar di negara itu, dan kilang minyak Mol Nyrt.

"Ketakutan yang terkait dengan perang perdagangan tampaknya dilebih-lebihkan, dan itulah sebabnya pasar menjadi lebih murah, meskipun ekspektasi pertumbuhan pendapatan masih meningkat. Jadi prospeknya lebih baik dalam jangka panjang," kata Cinkotai, seperti dikutip melalui Bloomberg, Rabu (28/8/2019).

Investor asing kemungkinan sedikit ragu dengan mata uang Hungarian yang tidak menarik, setelah merosot 18% dalam dekade terakhir terhadap euro, tiga kali lebih buruk dari mata uang Polandia.

Forint, mata uang Hungaria, sekarang diperdagangkan mendekati rekor terlemahnya, dan median perkiraan analis adalah nilai tukar akan tetap di posisi yang sama untuk setidaknya 2 tahun lagi.

Selain itu, ada permintaan dari investor yang cukup tinggi untuk premi Hungaria yang menguntungkan, di mana pemerintah pada masa lalu telah memberlakukan pajak bank khusus dan menasionalisasi dana pensiun, kebijakan tersebut sekarang tengah diselidiki Uni Eropa untuk tuduhan pelanggaran aturan hukum.

Perhatian investor telah bergeser ke perusahaan-perusahaan kecil yang dimiliki oleh sekutu Perdana Menteri Viktor Orban, seperti Opus Global Nyrt., yang menyumbang hanya 2,7% dari BUX tetapi harga sahamnya telah melonjak 16 kali lipat dalam 5 tahun terakhir.

Sementara itu, Indeks BUX diperdagangkan sekitar 10% di bawah rekor tertinggi sepanjang masa yang dicapai pada bulan April ini, indeks tersebut masih 117% lebih tinggi dari 5 tahun lalu.

Hal ini menjadikannya pemain dengan kinerja terbaik keempat di antara semua pasar yang muncul dan berkembang yang dilacak oleh Bloomberg, dibandingkan dengan kenaikan 8,9% untuk Stoxx Europe 600 Index, penurunan 12% untuk MSCI Emerging Markets Index, dan penurunan 15% di Polandia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hungaria

Editor : Achmad Aris

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top