Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

DPR Wacanakan Pemanggilan Petinggi TNI/Polri Terkait Rusuh Manokwari 

Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin mengatakan komisi yang dipimpinnya kemungkinan akan memanggil petinggi TNI/Polri menyusul kericuhan massa  di Manokwari dan beberapa wilayah di Papua.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 20 Agustus 2019  |  16:25 WIB
Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin - ANTARA/Wahyu Putro A
Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA--Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin mengatakan komisi yang dipimpinnya kemungkinan akan memanggil petinggi TNI/Polri menyusul kericuhan massa  di Manokwari dan beberapa wilayah di Papua.

Aziz mengatakan saat ini  pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk penanganan kerusuhan di Manokwari, Papua. Karena itu dia mengatakan masih menunggu perkembangan untuk memutuskan pemanggilan atas para petinggi TNI maupun Polri.

"Nanti kita lihat perkembangan, " kata Aziz kepada wartawan, Selasa (20/8/2019). Dia mengaku prihatin atas kejadian di Manokwari.

Sebelumnya massa memblokir jalan utama di Manokwari dan membakar ban, Kantor DPRD dan bekas Gedung Gubernur Papua Barat. Fasilitas sosial dan fasilitas umum turut dirusak.

Kondisi di Manokwari kemarin dilaporkan mencekam. Pasukan TNI disiagakan. Kepala Penerangan Kodam XVIII Kasuari Letkol Inf Andi Gus Wulandri mengatakan mereka telah menerima perintah untuk bersiaga dari Panglima TNI.

Andi menduga kerusuhan ini adalah imbas dari peristiwa kekerasan terhadap mahasiswa asal Papua di Malang dan Surabaya.

Sebelumnya pada peringatan Hari Kemerdekaan RI pada Sabtu, 17 Agustus 2019, terjadi penggerebekan Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Nomor 10, Pacar Keling, Kota Surabaya, Jawa Timur. Penggerebekan dilakukan oleh aparat TNI diikuti pengepungan oleh Satpol PP dan ormas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua manokwari
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top