Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Tembak Polisi : Divisi Propam Polri Pecat dan Pidanakan Brigadir Rangga Tianto

Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo telah menjatuhkan sanksi pidana dan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) kepada Brigadir Rangga Tianto.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Irjen Pol. Listyo Sigit Prabowo telah menjatuhkan sanksi pidana dan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat kepada Brigadir Rangga Tianto.

Menurut Listyo, Brigadir Rangga Tianto dijatuhkan sanksi pemecatan dan pidana karena terbukti telah melakukan penembakan secara sengaja ke Bripka Rahmat Effendy di ruang SPK Polsek Cimanggis Depok pada Kamis 25 Juli 2019 malam.

Selain itu, Listyo menjelaskan bahwa Brigadir Rangga telah diamankan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Yang bersangkutan saat ini sudah diamankan dan sudah diproses pidana serta sanksi kode etik PTDH," tutur Listyo, Jumat (26/7/2019).

Listyo menjelaskan pihaknya tengah menyelidiki surat penerbitan izin penggunaan senjata api dari pimpinan Brigadir Rangga Tianto. Listyo mengimbau agar seluruh pimpinan menertibkan anggotanya yang memiliki kecenderungan emosional. Mereka diminta untuk tidak diberi izin penggunaan senjata api.

"Penggunaan senjata api sudah ada SOP-nya dan harus ditaati betul-betul. Setiap pelanggaran akan ada sanksinya," kata Listyo.

Seperti diberitakan Brigadir Rangga menembak sesama anggota polisi di Polsek Cimanggis, Depok, Bogor. Penembakan berawal dari pengamanan seorang pemuda bernisial FZ oleh Bripka Rahmat. FZ diamankan karena terlibat tawuran.

Setelah ditahan, Bripka Rahmat meminta FZ memanggil orang tuanya. Ternyata Z, orang tua FZ, datang bersama Brigadir Rangga. Brigadir Rangga meminta kepada Bripka Rahmat agar FZ dibina orang tuanya.

Bripka Rahmat menolak permintaan tersebut dan mengatakan proses hukum sedang berjalan dengan dirinya sebagai pelapor. Sempat terjadi cekcok di antara dua anggota polisi itu sebelum terjadi insiden penembakan. Belakangan diketahui bahwa Brigadir Rangga adalah paman FZ.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper