Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri LHK: Presiden dan Wapres Serius Tangani Kerusakan Lingkungan

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menilai Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla sangat serius menangani kerusakan lingkungan yang sudah lama tidak tertangani.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya./ANTARA FOTO-Muhammad Iqbal
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya./ANTARA FOTO-Muhammad Iqbal
Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menilai Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla sangat serius menangani kerusakan lingkungan yang sudah lama tidak tertangani. Sebab, di dalamnya terdapat banyak aspek, termasuk soal government pertambangan dan law enforcement serta termasuk dalam hubungan pusat dan daerah.
Siti mengatakan hal itu di Jakarta, Selasa (23/7/2019) usai dipanggil Wapres Jusuf Kalla bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan serta Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono untuk menyelesaikan permasalahan bekas lahan tambang yang berizin maupun tidak.
“Kami mendapatkan arahan dari Bapak Wapres dan akan ditindak lanjuti secara lebih mendalam lagi,” ujar Siti.
Menurut Siti, ketika dahulu menjabat Sekjen Departemen Dalam Negeri, dirinya mengetahui secara persis bahwa salah satu benchmark hubungan pusat dan daerah ialah bagaimana soal sumber daya alam dan lingkungan ini dikelola.
Pada kesempatan itu, Wapres Jusuf Kalla mengatakan pengaturan pemulihan lahan eks tambang merupakan persoalan mendesak. Sejumlah banjir dalam skala besar seperti di Konawe dan Samarinda akibat lahan tambang yang tidak dipulihkan.
"Manfaat yang diperoleh dari tambang itu jauh lebih besar kerusakannya, korban rakyat daripada apa yang diperoleh rakyat. Yang terjadi rakyat kecil kena [dampaknya], penambang yang ambil manfaat. Jadi, harus ada sanksi karena merusak lingkungan," kata JK. 
Lebih lanjut, Siti mengatakan mengenai penanganan kerusakan lingkungan hidup, langkah-langkah sistematis telah disiapkan dan dilaksanakan sebaik-baiknya oleh KLHK. Sebab, soal lingkungan hidup menyangkut daerah dan masyarakat. 
“Maka, salah satu di antaranya dalam upaya mengatasi merkuri,” kata Siti.
Siti menyatakan pemerintahan Presiden Jokowi dan KLHK secara bertahap dan konseptual menangani masalah-masalah lingkungan yang relatif berat dan sudah sangat lama tidak tertangani. Soal limbah media, limbah, merkuri, lubang pasca tambang dan sangat banyak.
“Bisa dikatakan puluhan tahun tidak ditangani dan presiden serta wapres memerintahkan untuk ditangani dan kita tangani secara bertahap dan sistematis.  Saya sangat paham bahwa tidak mudah, tapi yang penting kita mulai. Satu per satu masalah-masalah lingkungan yang berat kita selesaikan,” tegas Siti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper