Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Sebut Lembaga Tak Bermanfaat dan Bermasalah Bakal Dibubarkan

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bakal membubarkan lembaga-lembaga yang tak efisien dan bermasalah.
JIBI
JIBI - Bisnis.com 15 Juli 2019  |  07:19 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) memimpin rapat terbatas tentang percepatan pembangunan Jawa Tengah, di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019). - ANTARA/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kiri) memimpin rapat terbatas tentang percepatan pembangunan Jawa Tengah, di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bakal membubarkan lembaga-lembaga yang tak efisien dan bermasalah.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menyampaikan visi pemerintahannya di periode kedua nanti, tepatnya saat membahas visi reformasi birokrasi.

"Kalau ada lembaga yang tidak bermanfaat dan bermasalah, akan saya bubarkan," kata Jokowi dalam pidatonya di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/7/2019).

Jokowi mengatakan, di periode kedua nanti dia bakal memastikan birokrasi efektif dan efisien. Dia ingin nantinya lembaga-lembaga menjadi lebih sederhana, simpel, dan lincah.

Jokowi pun mewanti-wanti agar pola pikir para birokrat diubah dalam rangka reformasi struktural ini.

"Kalau pola pikir, mindset birokrasi tidak berubah, saya pastikan akan saya pangkas," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, kunci dari reformasi birokrasi ialah kecepatan pelayanan dan perizinan. Mantan Wali Kota Solo ini berujar bakal mengecek dan mengontrol sendiri jalannya birokrasi di bawah pemerintahannya.

"Begitu saya lihat tidak efisien atau tidak efektif, saya pastikan akan saya pangkas, copot pejabatnya," ujarnya.

Jokowi menuturkan, dia tak ingin lagi birokrasi dijalankan sekadar sebagai kerja rutin yang monoton. Dia memerintahkan agar birokrat keluar dari zona nyaman mereka selama ini.

"Kita harus berubah. Kita harus membangun nilai-nilai baru dalam bekerja, menuntut kita harus cepat beradaptasi dengan perkembangan zaman," kata Jokowi.

Reformasi birokrasi ini menjadi satu dari lima visi Jokowi untuk pemerintahannya di periode kedua. Keempat visi lainnya ialah pembangunan infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia, membuka investasi seluas-luasnya, dan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang tepat sasaran.

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi birokrasi lembaga negara

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top