Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahukah Kamu? 11 Persen Orang di Dunia Adalah Kidal

Kita semua sudah tahu jika manusia ada yang kidal dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
Ilustrasi kidal/istimewa
Ilustrasi kidal/istimewa

Kabar24.com, JAKARTA  - Kita semua sudah tahu jika ada orang yang memakai tangan kirinya atau lazim disebut kidal dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya ada sebanyak 11 persen orang kidal di dunia ini?

Menurut penelitian yang diadakan pada 2018 lalu, disebutkan sebanyak 11 persen atau sektar 836 juta orang di dunia adalah kidal, dari total populasi 7,5 orang di dunia.

Menurut Metro.co.uk, dalam penelitian itu juga diketahui bahwa orang kidal adalah 23% lebih mungkin adalah pria. 

Mengapa lebih banyak orang yang menggunakan tangan kanan daripada tangan kiri? Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini, tetapi teori yang paling diterima berkaitan dengan sisi otak mana yang mengendalikan tangan kanan. Menurut Jason Goldman untuk BBC, sisi kanan tubuh sebagian besar dikendalikan oleh belahan otak kiri, sisi otak yang sama yang berhubungan dengan bahasa.

Sekitar 1,5 juta tahun yang lalu bukti dominasi tangan kanan menjadi jelas melalui alat yang ditemukan di Kenya. Sejak saat itulah bahasa diyakini telah berkembang pada manusia dan dengan otak kiri memproses keterampilan linguistik, kidal mungkin terjadi sebagai efek samping. Ini disebut hipotesis Homo loquens.

Jadi mengapa sebagian orang kidal? Tampaknya beberapa otak orang diorganisir secara berbeda, meskipun ini tidak selalu merupakan hal yang negatif. "Orang kidal jauh lebih bervariasi dalam hal bagaimana otak mereka diorganisir," jelas psikolog Chris McManus, dari University College London, seperti dikutip dari BBC.

Jika Anda kidal, Anda mungkin memiliki keterampilan yang tidak dimiliki orang lain. Demikian menurut McManus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper