Berjanji Makmurkan Rakyat, Mitsotakis Menangkan Pemilu Yunani

Perdana Menteri Yunani terpilih, Kyriakos Mitsotakis berjanji bahwa negara itu akan memasuki periode bebas utang luar negeri dengan pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja selain keamanan yang lebih baik setelah menang telak dalam pemilu kemarin.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 08 Juli 2019  |  08:53 WIB
Berjanji Makmurkan Rakyat, Mitsotakis Menangkan Pemilu Yunani
Kyriakos Mitsotakis - Istimewa

Bisnis.com,  JAKARTA - Perdana Menteri Yunani terpilih, Kyriakos Mitsotakis berjanji bahwa negara itu akan memasuki periode bebas utang luar negeri dengan pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja selain keamanan yang lebih baik setelah menang telak dalam pemilu kemarin.

Hasil resmi menunjukkan Mitsotakis menang telak dari Perdana Menteri aliran kiri, kiri Alexis Tsipras. Yunani selamat dari krisis utang namun harus melakukan penghematan sangat ketat di bawah pengawasan Uni Eropa.

"Siklus menyakitkan telahberakhir," kata Mitsotakis dalam pidato yang disiarkan televisi, seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Senin (8/7/2019).

Dikatakan, Yunani akan "dengan bangga mengangkat kepalanya lagi" dengan penuh martabat.

"Saya tidak akan gagal untuk menghormati harapan Anda," katanya ketika mendapat ucapan selamat dari mantan Ketua Komisi Eropa Jean-Claude Juncker dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Dengan hasil resmi dari 94 persen TPS, Partai Demokrasi Baru mencetak kemenangan sebesar hampir 40 persen. Agka itu merupakan yang terbaik bagi partai itu dalam lebih dari satu dekade dibandingkan angka 31,5 persen yang diraih Partai Syriza pimpinan Tsipras.

"Saya ingin melihat warga saya makmur. Saya ingin melihat anak muda kembali ke negaranya," ujarnya kepada para pendukungnya. 

Mitsotakis akan dilantik sebagai perdana menteri baru Yunani pada hari ini waktu setempat dalam usia 51 tahun.

Tsipras sebelumnya mengakui kekalahan setelah lebih dari empat tahun berkuasa dan Yunani keluar dari talangan utang untuk ketiga kalinya. 

Jika hasilnya dikonfirmasi, Mitsotais yang lulusan Harvard mantan konsultan McKinsey itu akan memperoleh mayoritas 158 anggota parlemen di parlemen yang memiliki 300 kursi. Sedangkan Partai Tsipras akan memiliki 86 kursi.

Untuk partai kecil, diperlukan ambang batas 3 persen untuk bisa bergabung di parlemen. 

Partai Demokrasi Baru terakhir berkuasa pada tahun 2014 saat berkoalisi dengan kaum sosialis Yunani. Mitsotakis adalah keturunan dari salah satu keluarga politik top Yunani.

Dia adalah putra mantan perdana menteri Constantine Mitsotakis, salah satu anggota parlemen terlama di negara itu.

Kakaknya, Dora Bakoyannis, merupakan mantan menteri kabinet sekaligus walikota perempuan pertama Athena. Sedangkan, Wali Kota Athena yang baru, Costas Bakoyannis adalah keponakannya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
turki, perdana menteri, yunani

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top