Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meninggal di Guangzhou, Jenazah Sutopo Purwo Diterbangkan ke Jakarta Sore Ini

Jenazah almarhum Kepala Pusat Data dan Informasi, Badan Penanggulangan Bencana Nasional (Kapusdatin BNPB), Sutopo Purwo Nugroho diterbangkan ke Indonesia dari Guangzhou, China, Minggu (7/7/2019) sore.
Kepala Pusat Data dan Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  Sutopo Purwo Nugroho saat memberikan update kondisi gempa Lombok Timur di kantor BNPB, Jakarta, (31/7/2018)./Bisnis - Muhammad Ridwan
Kepala Pusat Data dan Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho saat memberikan update kondisi gempa Lombok Timur di kantor BNPB, Jakarta, (31/7/2018)./Bisnis - Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA - Jenazah almarhum Kepala Pusat Data dan Informasi, Badan Penanggulangan Bencana Nasional (Kapusdatin BNPB), Sutopo Purwo Nugroho diterbangkan ke Indonesia dari Guangzhou, China, Minggu (7/7/2019) sore.

Dikutip dari keterangan tertulis KJRI  Guangzhou, Minggu (7/7/2019), jenazah Sutopo diterbangkan ke Indonesia  dengan maskapai Garuda Indonesia nomor penerbangan GA899 pukul 15.45 waktu Guangzhou atau pukul 14.45 waktu Jakarta.

Seluruh proses pemulangan jenazah almarhum dipimpin dan disaksikan langsung oleh Konsul Jenderal RI di Guangzhou.

Pesawat akan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten pukul 20.30 WIB. Istri almarhum, Retno Utami Yulianingsih dan keluarga yang mendampingi juga menumpangi penerbangan yang sama.

Setibanya di Indonesia, jenazah direncanakan untuk dibawa ke rumah duka di Raffles Hill Blok i6, No.15, Harjamukti, Cimanggis, Sukatani, Tapos, kota Depok, Jawa Barat untuk kemudian dimakamkan di Boyolali, Jawa Tengah.

Sutopo menghembuskan napasnya yang terakhir pukul 02.20 dini hari waktu Guangzhou, China, di Guangzhou Modern Hospital.

Saat menghembuskan napas terakhir, almarhum  Sutopo didampingi istri tercinta, keluarga terdekat dan komunitas warga Indonesia di Guangzhou.

Konsul Jenderal RI di Guangzhou, Gustanto dan seluruh jajaran KJRI Guangzhou berada di rumah sakit untuk secara langsung mengatur kepulangan jenazah almarhum ke Indonesia. Proses pemulangan jenazah berjalan lancar dengan koordinasi KJRI Guangzhou dengan seluruh pihak terkait di China.

Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi telah menghubungi istri  Sutopo sekitar pukul 06.00 WIB untuk menyampaikan duka cita dan belasungkawa yang mendalam kepada pihak keluarga.

Sutopo telah berada di Guangzhou sejak 15 Juni 2019 untuk mendapat perawatan terkait penyakit kanker paru yang dideritanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper