Trump Ajak Kim Jong-un Bertemu di Perbatasan Korut-Korsel Akhir Pekan Ini

Presiden AS Donald Trump dijadwalkan berangkat ke Seoul, Korea Selatan pada Sabtu (29/6/2019), seusai menghadiri KTT G20 di Osaka, Jepang.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 29 Juni 2019  |  07:52 WIB
Trump Ajak Kim Jong-un Bertemu di Perbatasan Korut-Korsel Akhir Pekan Ini
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kiri) berjabat tangan dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, di Hanoi, Vietnam, Rabu (27/2/2019). - REUTERS/Leah Millis

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden AS Donald Trump mengundang pemimpin Korea Utara Kim Jong-un untuk bertemu dengannya di zona demiliterisasi antara Korea Utara dan Korea Selatan pada akhir pekan ini.
 
Trump dijadwalkan berkunjung ke Seoul, Korea Selatan (Korsel) pada Sabtu (29/6/2019), setelah menghadiri KTT G20 di Osaka, Jepang. Dia akan kembali ke AS pada Minggu (30/6).
 
"Sembari di sana, jika Kepala Kim dari Korea Utara (Korut) membaca ini, saya ingin bertemu dengannya di Demiliterized Zone (DMZ) hanya untuk berjabat tangan dan menyapanya!" tutur Trump melalui akun Twitter-nya.

Dia juga mengatakan hal yang sama kepada para wartawan yang hadir di G20. 
 
"Jika dia [Kim] ada di sana [Korut], kami akan berjumpa selama 2 menit, hanya itu waktu yang kami punya, tapi itu akan baik-baik saja," ucap Trump seperti dilansir Reuters, Sabtu (29/6).

Dia menambahkan bahwa dirinya dan Kim memiliki hubungan yang sangat baik.
 
Pada Jumat (28/6), utusan khusus AS Stephen Biegun menyampaikan bahwa pihaknya siap kembali menggelar pembicaraan yang konstruktif dengan Korut terkait denuklirisasi. Negosiasi atas isu ini mandeg sejak Februari 2019, ketika Trump dan Kim bertemu di Vietnam.
 
Sementara itu, Korut menyatakan mereka akan bekerja keras mengembangkan hubungan persahabatan dan kerja sama dengan semua negara yang menghargai kedaulatan dan persahabatan dengan Korut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
amerika serikat, Korea Utara

Sumber : Reuters

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup