Trump Sebut China akan Kalah Dalam Perang Dagang

Presiden Donald Trump terbang ke KTT G20 dengan mengatakan China harus siap menghadapi tarif baru dan menuduh beberapa sekutunya mengambil kesempatan dari persaingan dagang kedua negara.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 27 Juni 2019  |  06:55 WIB
Trump Sebut China akan Kalah Dalam Perang Dagang
Presiden AS Donald Trump berjalan ke Air Force One ketika ia meninggalkan Washington untuk melakukan perjalanan ke KTT G20 di Osaka, Jepang dari Pangkalan Bersama Andrews, Maryland, AS, 26 Juni 2019. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Donald Trump terbang ke KTT G20 dengan mengatakan China harus siap menghadapi tarif baru dan menuduh beberapa sekutunya mengambil kesempatan dari persaingan dagang kedua negara. 

Pesawat kenegaraan Air force One dilaporkan lepas landas menuju pertemuan G20 di Osaka yang kemudian dilanjutkan kunjungan ke Korea Selatan.

Trump menyatakan menikmati perang dagang dengan China karena posisi Amerika Serikat (AS) yang kuat. AS tidak berniat untuk memberikan banyak konsesi kepada China saat bertemu dengn Presiden Xi Jinping pada Sabtu (29/6/2019).

“Perekonomian China sedang menurun dan mereka ingin membuat kesepakatan," kata Trump dalam sebuah wawancara dengan Fox Business Network seperti dikutip ChnnelNewsAsia.com, Kamis (27/6/2019).

Sejauh ini tarif yang dikenakan Trump telah mencapai US$200 miliar atas produk impor China untuk memaksa Beijing mematuhi perlindungan kekayaan intelektual dan melakukan reformasi sistem perdagangan lain.

Presiden China Xi Jinping, Ibu Negara China Peng Liyuan, Presiden AS Donald Trump dan Ibu Negara AS Melania menghadiri makan malam kenegaraan di Aula Besar Rakyat di Beijing, Cina, 9 November 2017./Reuters

 Washington mengatakan China menikmati keuntungan yang sangat tidak adil dari AS. Presiden AS juga mengindikasikan siap untuk mengenakan tarif baru pada semua impor Cina yang tersisa sebesar lebih dari US$300 miliar.

 "Anda akan dikenakan lagi tarif senilai US$325 miliar yang belum saya kenakan, yang  sudah siap untuk dikenakan pajak,” katanya kepada Fox.

Menurut Trump, China lah yang merasakan semua kepedihan, sementara pihak AS diuntungkan dari situasi saat ini.

"Apa yang terjadi adalah orang-orang pindah dari China. Perusahaan-perusahaan pindah dari China dan ada yang kembali ke Amerika Serikat karena mereka tidak mau membayar tarif, "katanya kepada Fox Business Network.

Trump juga mengatakan hampir semua negara di dunia ini mengambil keuntungan luar biasa dari Amerika Serikat dan hal itu tidak bisa dipercaya.

Trump juga mengecam mitra dekat Vietnam, Jerman dan Jepang yang mengambil keuntungan dari AS. Vietnam bahkan lebih buruk daripada China ketika menyangkut praktik perdagangan yang tidak adil, katanya. 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
china, KTT G20, Donald Trump, perang dagang AS vs China

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup