JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019: Cuaca Buruk, Penumpang Kapal ke Sapeken Melahirkan di Pelahuhan

General Manager PT Pelabuhan Indonesia III Tanjung Wangi Nizar Fauzi punya cerita unik saat menangani penumpang mudik menjelang Lebaran. Timnya pernah menangani calon penumpang dalam berbagai kondisi, bahkan melahirkan di pelabuhan.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 03 Juni 2019  |  13:10 WIB
JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019: Cuaca Buruk, Penumpang Kapal ke Sapeken Melahirkan di Pelahuhan
PT Pelabuhan Indonesia III Tanjung Wangi menyediakan fasilitas penginapan untuk calon penumpang yang sudah datang sebelum jadwal keberangkatan kapal menuju Sapeken. JIBI/Bisnis - Mutiara Nabila

Bisnis.com, BANYUWANGI - General Manager PT Pelabuhan Indonesia III Tanjung Wangi Nizar Fauzi punya cerita unik saat menangani penumpang mudik menjelang Lebaran. Timnya pernah menangani calon penumpang dalam berbagai kondisi, bahkan melahirkan di pelabuhan.

Tahun lalu memang menjadi pengalaman unik bagi Pelindo III. Cuaca buruk yang terjadi di perairan Banyuwangi-Madura, menghambat perjalanan kapal. Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) juga enggan memberikan izin kapal untuk tarik sauh.

Akibatnya kapal harus tertahan di pelabuhan Tanjung Wangi selama empat hari. Para penumpang terpaksa bermalam di pelabuhan demi pulang kampung ke Sapeken, Madura. Satu dari sekian menumpang rupanya dalam kondisi hamil besar.

Selama proses menunggu, pasien mengalami kontraksi dan bersiap untuk melahirkan. Petugas yang melihat kondisi itu segera membawa calon penumpang ke bidan terdekat.

"Kami saat itu tidak punya ambulans, jadi kami bawa penumpang tersebut untuk menggunakan mobil patroli ke bidan. Alhamdulillah bayi lahir dengan selamat. Anaknya juga diberi nama Tanjung Wangi," kata Nizar, Senin (3/6/2019).

Menurutnya dalam kondisi apapun, petugas lapangan memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada penumpang. Selain berjaga di lokasi pelabuhan, petugas sering kali memberi ruangan sebagai lokasi masyarakat yang beristirahat menunggu kedatangan kapal.

Tahun ini, Pelindo III Tanjung Wangi menyiapkan tiga kapal reguler untuk keberangkatan Tanjung Wangi-Sapeken, Madura. Satu kapal lainnya di-charter oleh pemerintah Surabaya dan Madura sebagai angkutan mudik gratis bagi warga sekitar.

"Tahun ini kami perkirakan bisa mengangkut sekitar 2.145 penumpang hingga hari H Lebaran. Yang sudah berangkat 1.995 penumpang. Kami harapkan tidak ada kejadian apa-apa sehingga penumpang bisa berlebaran di kampung halaman dengan selamat," sebutnya.

Tim Jelajah Jawa Bali 2019: Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Mutiara Nabila, Wibi Pratama, Ni Putu Eka Wiratmini

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top