Perdagangan AS-Meksiko Memanas, Ini Proyeksi Fitch Ratings

Fitch Ratings mengatakan pertumbuhan ekonomi Meksiko dapat terganggu sejalan dengan memanasnya hubungan dagang negara itu dengan Amerika Serikat.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 02 Juni 2019  |  14:55 WIB
Perdagangan AS-Meksiko Memanas, Ini Proyeksi Fitch Ratings
Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis (30/5/2019) mengumumkan pengenaan tarif 5% untuk semua barang Meksiko mulai 10 Juni 2019. - Reuters/Jonathan Ernst

 Bisnis.com, JAKARTA— Fitch Ratings mengatakan pertumbuhan ekonomi Meksiko dapat terganggu sejalan dengan memanasnya hubungan dagang negara itu dengan Amerika Serikat.

Pada Kamis (30/5/2019), Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan tarif 5 persen untuk semua barang Meksiko mulai 10 Juni 2019.

Kebijakan itu akan diberlakukan apabila Meksiko tidak menghentikan aliran imigran ilegal, yang sebagian besar dari Amerika Tengah, melintasi perbatasan kedua negara.

Tarif akan meningkat setiap bulan hingga menyentuh 25 persen pada 1 Oktober 2019. Sebagai catatan, Amerika Serikat merupakan mitra dagang terbesar Meksiko.

“Meningkatnya ketegangan perdagangan dengan Amerika Serikat akan merusak aktivitas perekonomian Meksiko yang sudah lemah,” tulis Fitch Ratings seperti dilansir melalui Reuters, Minggu (2/6/2019).

Fitch menyebut pertumbuhan ekonomi Meksiko belakangan dipimpin oleh sektor yang terkait dengan industri manufaktur Amerika Serikat.

Pada 2018, Meksiko tercatat mengirimkan US$346,5 miliar barang ke negeri Paman Sam atau mewakili 28 persen dari produk domestik bruto.

Bahkan, Fitch mencatat ekspor manufaktur dari Meksiko ke Amerika Serikat naik 9,1 persen pada 2018 atau tertinggi sejak 2011. Meksiko memiliki pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di Amerika Latin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
meksiko, Donald Trump, perang dagang AS vs China

Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top