Tips Bersepatu Sehat saat Perjalanan Mudik

Sepatu dapat menjadi alas kaki yang nyaman, tapi juga dapat menjadi hambatan. Nyaman ketika dipakai berjalan atau menyetir, namun menyusahkan saat bersandang ke rumah-rumah kerabat. Maka dari itu, Asosiasi Persepatuan Indonesia (Asprisindo) menyusun beberapa tips bagi masyarakat yang mudik ke kampung halamannya.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 29 Mei 2019  |  14:17 WIB
Tips Bersepatu Sehat saat Perjalanan Mudik
Sepatu bot - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Sepatu dapat menjadi alas kaki yang nyaman, tapi juga dapat menjadi hambatan. Nyaman ketika dipakai berjalan atau menyetir, namun menyusahkan saat bersandang ke rumah-rumah kerabat. Maka dari itu, Asosiasi Persepatuan Indonesia (Asprisindo) menyusun beberapa tips bagi masyarakat yang mudik ke kampung halamannya.

Direktur Eksekutif Asprisindo Firman Bakrie setidaknya menyusun tiga tips dalam memilih sepatu ketika mudik.

Menurutnya, jenis sepatu apapun yang dipakai, sebaiknya pakai produksi lokal. Pasalnya, lanjutnya, momentum lebaran kali ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan industri nasional.

"Kalau saya, pertama harus melihat ada labelnya. Beli yang made in Indonesia, kemudian pilihlah sepatu yang nyaman," tuturnya kepada Bisnis, Rabu (29/5/2019)

Pertama, pilih sepatu yang tidak memiliki sol yang tebal dan tidak licin bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Firman mengaku akan mudik menggunakan kendaraan pribadi dan menggunakan spesifikasi jenis tersebut "sehingga telapak kaki tidak cepat lelah."

Kedua, bagi pemudik yang menggunakan transportasi umum, Firman menyarankan untuk menggunakan sepatu sneakers. Terakhir, gunakanlah sepatu tak bertali ketika bersilahturahmi.

Pasalnya, ujarnya, sepatu tanpa tali lebih mudah dilepas dan dipasang kembali. Hak tersebut akan berguna mengingat budaya masyarakat domestik yang harus melepas sepatu ketika masuk ke dalam rumah.

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019: Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M Arief, Maria Elena, Reni Lestari

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top