Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pentingnya Asuransi Kendaraan Saat Mudik

Sebelum memulai perjalanan mudik, banyak orang mempersiapkan diri mulai dari biaya, kesehatan fisik, hingga oleh-oleh untuk sanak kerabat di kampung halaman.
Karyawan beraktivitas di kantor Adira Insurance di Jakarta, Rabu (8/11)./JIBI-Abdullah Azzam
Karyawan beraktivitas di kantor Adira Insurance di Jakarta, Rabu (8/11)./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Sebelum memulai perjalanan mudik, banyak orang mempersiapkan diri mulai dari biaya, kesehatan fisik, hingga oleh-oleh untuk sanak kerabat di kampung halaman.

Namun,  di antara sejumlah persiapan tersebut, asuransi kerap kali luput dari perhatian.  Padahal, asuransi terutama asuransi kendaraan sangat penting dalam menunjang kelancaran perjalanan mudik.

Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance menjelaskan, ada banyak manfaat asuransi kendaraan selama mudik, diantaranya mengurangi biaya tambahan karena Anda tidak perlu membuat anggaran atas kemungkinan risiko yang timbul selama perjalanan.

"Risiko yang kemungkinan terjadi selama mudik bisa diminimalisir dengan perlindungan asuransi, Anda sudah membayarkan premi setiap bulan atau tahunnya untuk menjaga kendaraan tersebut. Jadi tidak perlu menyiapkan dana tambahan jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada kendaraan," ujar Julian di Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Asuransi juga memberikan kemudahan penanganan kendaraan di saat keadaan darurat. Anda bisa menghubungi layanan bantuan yang tersedia pada penyedia produk asuransi Anda, apabila kendaraan terkena masalah selama perjalanan mudik.

Pemudik perlu memiliki asuransi kendaraan terutama karena situasi dan jalur mudiik yang padat,  rawan menyebabkan kecelakaan. Dia mengatakan, volume kendaraan menjelang mudik biasanya meningkat sehingga membuat jalanan semakin padat dan kejadian kecelakaan meningkat. Tingginya tingkat kehilangan kendaraan selama perjalanan mudik juga menjadi penyebab seseorang harus memiliki asuransi kendaraan.

Kendaraan bermotor menjadi salah satu barang yang kerap hilang karena nilai jualnya yang cukup tinggi. Mereka umumnya mengincar mobil atau motor yang kurang pengawasan dari pemiliknya untuk dicuri. 

Asuransi bisa menjadi jawaban dari risiko ini karena dalam asuransi sudah ada perlindungan untuk kehilangan yang lebih dikenal dengan perlindungan Total Loss Only (TLO) yang melindungi kendaraan yang dibawa mudik maupun yang ditinggal di rumah selama mudik.

Selain itu, situasi mudik juga memunculkan tingkat kerusakan kendaraan yang tinggi. Pasalnya, perjalanan mudik biasanya menempuh jarak yang cukup jauh dan kerusakaan kendaraan tidak dapat diprediksi. 

Sudah bersiap untuk perjalanan mudik tahun ini?  Jangan lupa asuransikan kendaraan Anda.

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019: Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper