Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Promosi Kebudayaan Indonesia Lewat Acara Lange Nacht der Konsulate di Hamburg

Lange Nacht der Konsulate 2019 adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Hamburg. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan negara asing,
Promosi Kebudayaan Indonesia Lewat Acara Lange Nacht der Konsulate di Hamburg/Istimewa-Dok. KJRI Hamburg
Promosi Kebudayaan Indonesia Lewat Acara Lange Nacht der Konsulate di Hamburg/Istimewa-Dok. KJRI Hamburg

Bisnis.com, HAMBURG - Konsulat Jenderal RI Hamburg berpartisipasi dalam Lange Nacht der Konsulate 2019, Kamis (23/05/2019), di Hamburg, Jerman, untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia. 

Lange Nacht der Konsulate 2019 adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Hamburg. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan negara asing, institusi internasional, dan lembaga kebudayaan di kota Hamburg. Konsep yang diusung adalah open house sehingga masyarakat umum dapat mengunjungi masing-masing institusi untuk melihat program yang diadakan oleh masing-masing negara dan institusi.

KJRI Hamburg telah mengikuti kegiatan ini sejak tahun 2013. Untuk tahun ini, KJRI Hamburg mencoba untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia secara lengkap agar pengunjung dapat merasakan personal experience dengan kebudayaan Indonesia. KJRI Hamburg membagi program ini kedalam tiga elemen yaitu benda warisan budaya, kesenian, dan Bahasa Indonesia.

Untuk benda warisan budaya, KJRI Hamburg bekerja sama dengan museum International Foundation of Indonesian Culture and Asian Heritage (IFICAH) untuk menampilkan koleksi keris dan wayang golek yang merupakan salah satu elemen budaya Indonesia yang termasuk dalam the Oral and Intangible Heritage of Humanity dari UNESCO. Selain itu, juga ditampilkan pameran topeng dan sarung tradisional Indonesia.

Terkait tema kesenian, KJRI Hamburg menampilkan tarian Klono Topeng dan juga grup yang membawakan lagu dengan alat musik tradisional seperti gamelan.

Untuk melengkapi personal experience dan impresi yang melekat serta untuk menarik pengunjung dari Jerman untuk datang ke Indonesia kedepannya, KJRI Hamburg mengadakan booth kursus Bahasa Indonesia singkat, belajar aksara, pohon literatur Indonesia, photo booth dengan Candi Borobudur sebagai backdrop, serta promosi pariwisata dan jajanan kuliner Indonesia. Kegiatan juga diikuti oleh Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Hamburg yang membuka booth untuk promosi perdagangan dan produk unggulan Indonesia.

Sebagai kegiatan tahunan yang telah dikenal luas oleh masyarakat Hamburg, Lange Nacht merupakan sarana promosi yang efektif guna mengenalkan dan memperdalam pengetahuan mengenai Indonesia ke seluruh penduduk kota Hamburg.

“Saya kagum atas kebudayaan Indonesia yang sangat ber.

Kebudayaan Indonesia yang sangat kaya dan beragam merupakan salah satu elemen penting dalam diplomasi Indonesia di wilayah kerja KJRI Hamburg di Jerman meliputi negara bagian Hamburg, Bremen, Niedersahcsen dan Schleswig-Holstein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper