Rekapitulasi KPU : Di Yogyakarta, Suara Prabowo-Sandiaga Lebih Rendah dari Elektabilitas GKR Hemas

Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 742.481 suara, sedangkan elektabilitas GKR Hemas sebesar 984.234 suara.
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 13 Mei 2019  |  16:13 WIB
Rekapitulasi KPU : Di Yogyakarta, Suara Prabowo-Sandiaga Lebih Rendah dari Elektabilitas GKR Hemas
Suasana sejumlah saksi memeriksa berkas rekapitulasi dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan dan Perolehan Suara Tingkat Nasional Dalam Negeri dan Penetapan Hasil Pemilu 2019 di kantor KPU, Jakarta, Minggu (12/5/2019). - ANTARA FOTO/Reno Esnir

Bisnis.com, JAKARTA -- Perolehan suara calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) lebih rendah dari elektabilitas istri Sri Sultan Hamengkubuwana X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas.

Pada Pemilu 2019, GKR Hemas menjadi calon anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI dari DIY dan merupakan calon anggota DPD petahana. Dia tercatat meraih 984.234 suara pada Pemilu kali ini.

Suara yang diraih GKR Hemas itu lebih tinggi dari perolehan suara Prabowo-Sandiaga di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di DIY. Berdasarkan hasil Pemilu di DIY yang sudah disahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan itu meraih 742.481 suara.

Selain kalah dari suara yang didapatkan GKR Hemas, elektabilitas Prabowo-Sandiaga juga terpaut jauh dengan raihan lawannya yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Pasangan nomor urut 01 tercatat mendapat 1.655.174 suara di provinsi tersebut.

Dalam tataran Pemilihan Legislatif (Pileg), jawara di DIY adalah PDI Perjuangan (PDIP) dengan elektabilitas 654.088 suara. Menyusul di tempat kedua adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan raihan 264.698 suara.

Pada posisi ketiga ada Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendapat 237.731 suara, kemudian diikuti oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mendapat 229.815 suara.

Hingga kini, sudah ada 10 provinsi yang direkapitulasi dan disahkan hasil pemilunya oleh KPU.

Pasangan nomor urut 01 sementara unggul di Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, dan DIY. Adapun Prabowo-Sandiaga menang di Bengkulu dan Kalimantan Selatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rekapitulasi suara, Pemilu 2019, Hasil Rekapitulasi KPU

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top