Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuota Haji Bertambah, Kemenag Siapkan Petugas Ekstra

Kementerian Agama mengaku siap jika harus menurunkan petugas tambahan akibat adanya rencana penambahan kuota jemaah haji di musim haji 2019 M/1440 H.
Prosesi ibadah haji di Mina, Makkah, Arab Saudi./Reuters
Prosesi ibadah haji di Mina, Makkah, Arab Saudi./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Agama mengaku siap jika harus menurunkan petugas tambahan akibat adanya rencana penambahan kuota jemaah haji di musim haji 2019 M/1440 H.

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Khoirizi H. Dasir, seperti dikutip dari laman Kemenag.

"Petugas yang akan kita tambah itu petugas penyerta kloter, yang berjumlah lima orang masing-masing kloter. Terdiri dari dua orang TKHI, satu TPHI, satu TPIHI, dan satu TPHD," jelas Khoirizi, Minggu (21/4/2019).

Khoirizi yang ditemui usai membuka Munas ke-I Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia menjelaskan, jumlah penambahan sebanyak 10.000 jemaah, maka diperkirakan akan terdapat minimal 25 kloter tambahan.

Artinya, diperlukan minimal 125 petugas tambahan untuk menyertai kloter. Namun, mengingat tenggat waktu yang terbatas, maka rekrutmen petugas tidak akan dilakukan dengan cara seleksi.

"Strateginya, kami akan minta Kakanwil dan Kabid PHU untuk mengidentifikasi petugas tahun lalu yang memiliki kinerja baik, untuk dapat disertakan kembali menjadi petugas," jelas Khoirizi.

Senada dengan Khoirizi, Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher menyatakan bahwa penambahan jumlah petugas mutlak dilakukan seiring dengan penambahan jumlah jemaah.

Ali meyakini dari sisi petugas, pemerintah memiliki kesiapan yang cukup untuk dapat menerapkan penambahan kuota di tahun ini. Pasalnya, Kemenag dan petugas sudah memiliki standar operasional prosedur (SOP) yang matang.

"Saya kira petugas haji dengan sendirinya mereka kan sudah punya SOP. Nah SOP itu lah yang kemudian akan kita ikuti. Kalau dari segi kesehatan petugas haji sangat siap. Kementerian agama juga petugasnya sangat siap," tutur Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Sumber : kemenag.go.id

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper