Hasil Quick Count Pilpres 2019, Jokowi dan PSI Unggul di Selandia Baru

Pemilihan umum (pemilu) 2019 di Selandia Baru berlangsung dengan lancar, tertib dan aman pada Sabtu (13/4/2019). Selanjutnya, perhitungan suara telah dilakukan pada Rabu (17/4/2019) secara serentak dengan Indonesia.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 18 April 2019  |  08:40 WIB
Hasil Quick Count Pilpres 2019, Jokowi dan PSI Unggul di Selandia Baru
Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya dan sang istri, Dewi Yahya beserta jajaran staf KBRI Wellington hadir menyaksikan perhitungan suara yang dimulai sejak pukul 6 sore waktu setempat, 17 April 2019. - Dok. KBRI Selandia Baru

Bisnis.com, JAKARTA  - Pemilihan umum (pemilu) 2019 di Selandia Baru berlangsung dengan lancar, tertib dan aman pada Sabtu (13/4/2019). Selanjutnya, perhitungan suara telah dilakukan pada Rabu (17/4/2019) secara serentak dengan Indonesia.

Dari keterangan tertulis yang diterima Rabu (17/4/2019), kertas suara yang dihitung dari 2 (dua) TPS yaitu Wellington adan Auckland, serta dari Pos, WNI di Selandia Baru sangat antusias mengikuti perhelatan akbar demokrasi lima tahunan ini.

Begitupun dengan perhitungan suara yang langsung disiarkan live streaming melalui fanpage Facebook PPLN Wellington.

Masyarakat Indonesia yang datang tidak hanya dari Kota Wellington dan sekitarnya, juga ada yang datang dari salah satu kota di Selandia Baru yaitu Tauranga untuk mengawal pemilu yang bersih dan jujur.

Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru,  Tantowi Yahya dan sang istri, Dewi Yahya beserta jajaran staf KBRI Wellington juga hadir menyaksikan perhitungan suara yang dimulai sejak pukul 6 sore waktu setempat.

Dari hasil perhitungan suara untuk calon presiden/wakil presiden, pasangan calon (paslon)  Nomor 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin unggul melesat jauh dengan perolehan 85 persen (2.085suara), sedangkan paslon Nomor 02 Prabowo-Sandiaga Uno peroleh 13 persen  (312 suara), dan 2 persen (44 suara) surat suara tidak sah.

Sementara itu, untuk pemilihan legislatif anggota DPR RIsuara terbesar diambil oleh PSI dengan 37, 82persen disusul oleh PDI-P (37, 38persen), PKS (7, 30 persen),Gerindra (3, 4 persen), Nasdem (2, 99 persen), Golkar (2, 86 persen) dan PKB (2,59 persen).

Partai lainya seperti PAN, Demokrat, Perindo, PPP, Hanura, PBB, Garuda, Berkarya dan PKPI memperoleh suaradi bawah 2 persen.

Antusiasme yang ditunjukkan masyarakat Indonesia di Selandia Baru untuk berpartisipasiaktif dalam penyelenggaraan pemilu menunjukkan optimisme dan harapan besar terhadap masa depan Indonesia yang lebih baik, maju dan sejahtera.

Apresiasi yang tinggi juga diberikan kepada seluruh Panitia Penyelenggara Pemilu Luar Negeri Selandia Baru dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri yang telah bekerja dengan jujurdan profesional, sehingga pemilu di Selandia Baru berjalan dengan lancar, tertib, aman dan meriah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, Pemilu 2019, Pilpres 2019

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup