Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENAL DAPIL : Mampukah Panglima Banser Pertahankan Dominasi PKB di Dapil Jateng X ?

Daerah Pemilihan Jawa Tengah X merupakan basis Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kabar24.com, JAKARTA — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP memang memuncaki daftar perolehan suara di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 di Jawa Tengah, tetapi pengecualian terjadi di dua daerah pemilihan.

Salah satunya adalah Daerah Pemilihan Jawa Tengah (Jateng) X. Dapil Jateng X dikuasai oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Berkat status peraih suara terbanyak, PKB berhak mengirimkan dua wakil ke Senayan.

Hanif Dhakiri menyumbangkan 95.625 suara untuk 336.121 total suara yang didapat PKB di Dapil Jateng X. Namun, dia tidak lama di DPR karena ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Ketenagakerjaan pada Oktober 2014.

Guna menggantikan Hanif, PKB menunjuk Yaqut Cholil Qoumas. Pada Pileg 2014, Yaqut merupakan calon anggota legislatif (caleg) PKB peraih suara terbanyak ketiga di bawah Hanif dan Bisri Romly.

Tak hanya masuk DPR, Yaqut pada 2015 terpilih sebagai Ketua Umum PP Gerakan Pemuda Ansor. Selama memimpin organisasi sayap Nahdlatul Ulama tersebut, Yaqut semakin populer di mata masyarat terutama dalam kapasitasnya sebagai Panglima Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

Pada Pileg 2019, Yaqut pun diandalkan PKB untuk mempertahankan status sebagai penguasa Dapil Jateng X. Pasalnya, tak ada lagi nama Hanif Dhakiri yang hijrah ke Dapil Jawa Barat VI.

Selain PKB, parpol kompetitor pun memasang semua petahana di Dapil Jateng X. Mereka a.l. Hendrawan Supratiko dari PDIP, Arsul Sani dari Partai Persatuan Pembangunan, dan Ramson Siagian dari Partai Gerindra.

Caleg berlatar belakang artis pun meramaikan Dapil Jateng X. Lagi, pengajunya adalah Partai Nasdem yang mendaftarkan pemain sinetron Jonathan Frizzy Simanjuntak.

Dapil Jateng X mencatatkan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 2,68 juta jiwa. Mereka tersebar di Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kota Pekalongan.

PETAHANA DAPIL JATENG X 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Hendrawan Supratikno 

Partai Golkar 

Marlinda Irwanti 

Partai Gerindra 

Ramson Siagian 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Yaqut Cholil Qoumas 

Bisri Romly 

Partai Amanat Nasional 

Abdul Hakam Naja 

Partai Persatuan Pembangunan 

Arsul Sani 

PEMILIH DAPIL JATENG X 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Pemalang 

1.122.858 

Pekalongan 

725.790 

Batang 

606.290 

Kota Pekalongan 

225.859 

Total 

2.680.797 

Sumber: DPR, KPU 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper