Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jadwal Pemilu 2019 di Luar Negeri : Hari Ini Giliran WNI di Thailand Berikan Hak Suara

Setelah Yaman menggelar pemungutan suara Pemilu 2019 pada Selasa (9/4/2019), negara yang menggelar pemungutan suara selanjutnya yakni Ekuador dan Panama.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 10 April 2019  |  10:41 WIB
Jadwal Pemilu 2019 di Luar Negeri : Hari Ini Giliran WNI di Thailand Berikan Hak Suara
Pengendara melintas di depan mural (gambar dinding) tentang Pemilu 2019, di Jalan Samudera, Padang, Sumatra Barat, Selasa (12/2/2019). - ANTARA/Iggoy el Fitra
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejak Senin (8/4/2019) menggelar Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di luar negeri. Negara pertama yang menggelar Pemilu 2019 adalah Yaman.

Setelah Yaman, pada Selasa (9/4/2019), negara yang menggelar pemungutan suara yakni Ekuador dan Panama. Adapun untuk hari ini, Rabu (10/4/2019), Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) menggelar Pemilu di Thailand.

Pemilu di Thailand, mengutip data Network for Democracy and Electoral Integrity (Netgrit), berlangsung di dua kota yakni  Bangkok dan Songklha.

Pemilu 2019 di luar negeri dimulai sejak 8 April dan akan berakhir pada 14 April 2019. Adapun proses penghitungan suara akan dilakukan bersamaan dengan Pemilu yang digelar di dalam negeri yakni mulai 17 April 2019.

Tahapan Pemilu 2019 di luar negeri sekaligus menjawab kabar yang beredar di masyarakat bahwa sudah ada pemungutan suara di Malaysia dengan narasi bahwa pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tertentu memenangkan pemungutan suara.

Sebagai informasi, jadwal pemungutan suara di Malaysia baru digelar pada Senin (14/4/2019) bersamaan dengan puluhan negara-negara lainnya.

Adapun kota tempat pemungutan suara di Malaysia terkonsentrasi di Johor Bahru, Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, Kuching, Penang, dan Tawau.

Berbeda dengan Pemilu di dalam negeri yang setiap pemilih membawa lima kertas suara, Pemilu di luar negeri hanya membawa dua kertas suara yakni kertas suara DPR dan kertas suara calon presiden-calon wakil presiden.

Calon anggota  DPR yang dipilih oleh pemilih di luar negeri mencakup daerah pemilihan DKI Jakarta II yang meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

thailand pemungutan suara PPLN Pemilu 2019
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top