Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Partai Soidaritas Indonesia Yakin Lolos Ambang Batas Parlemen

Lembaga survei Charta Politika merilis hasil jajak pendapat soal pemilu 2019 yang salah satu isinya menyebut Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terancam tidak lolos. Masih ada 10 hari masa kampanye tersisa untuk bekerja keras.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 05 April 2019  |  06:14 WIB
Ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie berpidato saat kampanye dalam Festival11 Yogyakarta di Jogja Expo Centre (JEC), Bantul, DI Yogyakarta, Senin (11/2/2019). - ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie berpidato saat kampanye dalam Festival11 Yogyakarta di Jogja Expo Centre (JEC), Bantul, DI Yogyakarta, Senin (11/2/2019). - ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga survei Charta Politika merilis hasil jajak pendapat soal pemilu 2019 yang salah satu isinya menyebut Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terancam tidak lolos. Masih ada 10 hari masa kampanye tersisa untuk bekerja keras.

Ketua Tim Kampanye PSI Andy Budiman mengatakan bahwa hasil survei ini semakin menebalkan keyakinan sebagai partai baru. Dia optimistis PSI lolos ambang batas parlemen. 

“Karena berdasarkan tren kami terakhir di angka 1,4 persen dan sekarang dalam 14 hari jelang pemilu di 2,2 persen,” katanya di Jakarta, Kamis (4/4/2019).

Andy menjelaskan bahwa hasil pemilu 2014 menjadi landasan pemikirannya. Saat itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Nasional Demokrat (Nasdem) elektabilitasnya sekitar 3 persen oleh beberapa lembaga survei.

Akan tetapi pada pemilu 2014 suara dua partai tersebut naik dua kali dari prediksi. PKS 6,8 persen dan Nasdem 6,7 persen.

“Kami yakin juga di jalan sama dan di skenario sama bisa melewati ambang batas,” jelasnya.

Optimisme lainnya, jelas Andy, adalah pemilih PSI ada pada kaum menengah ke atas dan terpelajar. Dua kelompok ini bagi dia selalu tertutup ketika disurvei.

“Inilah yang menyebabkan hasil real kami dapatkan pada 17 April naik dari margin eror [tingkat kesalahan Charta]. Maksimal kami dapat 4,4 persen,” jelasnya.

Berdasarkan survei Charta, PSI yang mendapat elektabilitas 2,2 persen masih memiliki peluang mencapai ambang batas 4 persen bersama PAN 3,3 persen, PPP 2,4 persen, dan Perindo 2 persen. Sementara responden yang tidak menjawab 11,7 persen.

Akan tetapi mereka masih punya peluang lolos dengan catatan memperebutkan menentukan pilihan dan margin eror ini. 

Charta melalukan survei pada 19-25 Maret lalu dengan jumlah responden 2.000 orang yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia. Tingkat kepercayaan survei ini 95 persen dan kesalahan kurang lebih 2,19 persen.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemilu 2014 partai solidaritas indonesia
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top