Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Setelah Diselamatkan, Tiga Remaja Migran Asal Afrika Ini Malah Membajak Kapal Tanker

Ketiga terdakwa yang mengaku tidak bersalah merupakan bagian dari 108 warga Afrika yang diselamatkan oleh kapal tanker Hiblu 1 pada pekan ini.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Maret 2019  |  22:14 WIB
Ilustrasi bajak laut - euclidilibrary.org
Ilustrasi bajak laut - euclidilibrary.org

Bisnis.com, JAKARTA- - Tiga remaja migran pada Sabtu disidang di pengadilan Malta atas dakwaan membajak sebuah tanker komersial berukuran kecil yang telah menyelamatkan mereka dari perairan di lepas pantai Libya.

Ketiga terdakwa yang mengaku tidak bersalah merupakan bagian dari 108 warga Afrika yang diselamatkan oleh kapal tanker Hiblu 1 pada pekan ini. Mereka didakwa mengancam awak kapal pada Rabu dengan upaya memaksa kapal itu bertolak ke Malta, bukan mengembalikan mereka ke Libya.

Tentara Malta menggiring kapal tersebut tanpa insiden dan memandunya menuju kota pelabuhan Valletta pada Kamis.

Para terdakwa berumur 15, 16 dan 19 tahun, salah seorang berasal dari Pantai Gading dan dua lainnya dari Guinea. Mereka menarik kerudung jaketnya untuk menutupi wajah ketika digandeng ke pengadilan oleh polisi pada Sabtu.

Negara-negara Uni Eropa berselisih mengenai migrasi sejak lonjakan kedatangan dari Laut Tengah (Mediterania) yang mengejutkan ke blok tersebut pada 2015, melebarkan pelayanan sosial dan keamanan dan memicu dukungan bagi kelompok Kanan-jauh, nasionalis dan kelompok-kelompok populis.

Kedatangan (migran) dari laut telah merosot dari sejutaan pada tahun-puncaknya menjadi sekitar 140.000 tahun lalu, menurut data PBB. Namun ketegangan politik menyangkut masalah migrasi tetap tinggi di EU khususnya menjelang pemilhan parlemen Eropa pada Mei.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

afrika bajak laut
Editor : Rahayuningsih
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top