Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adu Kuat Pengusaha Pendukung Jokowi-Ma’ruf vs Prabowo-Sandi

Kurang dari satu bulan menjelang Pemilu Presiden 2019, dua calon presiden, Joko Widodo alias Jokowi dan Prabowo Subianto terus menerima pernyataan dukungan dari berbagai pihak.
Calon Presiden no urut 01 Joko Widodo berpidato saat menghadiri Deklarasi pengusaha pekerja pro Jokowi (Kerjo) di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019)./ANTARA-Akbar Nugroho Gumay
Calon Presiden no urut 01 Joko Widodo berpidato saat menghadiri Deklarasi pengusaha pekerja pro Jokowi (Kerjo) di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019)./ANTARA-Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Kurang dari satu bulan menjelang Pemilu Presiden 2019, dua calon presiden, Joko Widodo alias Jokowi dan Prabowo Subianto terus menerima pernyataan dukungan dari berbagai pihak.

Dalam waktu bersamaan, kedua Capres menggelar pertemuan dukungan pengusaha di Jakarta.

Capres 01 Joko Widodo, Kamis (21/3) malam di Istora Senayan, mendapatkan deklarasi dukungan dari 10.000 pengusaha nasional.

Di saat bersamaan, Capres 02 Prabowo Subianto menggelar acara deklarasi dukungan dari 1.000 pengusaha yang tergabung dalam Aliansi Pengusaha Nasional.

Selain itu, baru-baru ini, sejumlah pengusaha terang-terangan menyatakan dukungan mereka ke salah satu calon presiden.

Berikut beberapa pengusaha yang telah menyatakan dukungannya terhadap masing-masing kubu pasangan calon presiden:

Kubu Jokowi - Ma’ruf Amin

1. Ketua Umum Kadin, Rosan Perkasa Roeslani.
Rosan satu almamater dengan Sandiaga, alumni SMA Pangudi Luhur, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Namun, Rosan beserta sejumlah alumni lain memilih mendukung Jokowi dan menyatakan dukungannya untuk Jokowi di The Energy Building, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu malam, 6 Februari 2019.

2. Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bahlil Lahadalia

3. Pendiri Mahaka Group, Erick Tohir. Erick Tohir didapuk menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Ma’ruf.

4. Pendiri MNC Group dan Partai PerindoHaryTanoesoedibjo

5. Pendiri Media Group dan Partai Nasdem Surya Paloh.

6. Pimpinan Sahid Group yang juga Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani.

Dukungan Hariyadi dideklarasikan di Istora Senayan, Jakarta, Kamis, 21 Maret 2019, yang dihadiri 10.000 pengusaha.

7. Bos besar tvOne Anindya Bakrie menghadiri acara deklarasi dukungan pengusaha pekerja pro-Jokowi di Istora Senayan itu. Anindya duduk berhadapan dengan  Jokowi, posisi keduanya hanya dihalangi panggung bulat.

8. Sofyan Wanandi, mantan Ketua Umum Apindo yang juga menyampakan dukungan dalam deklarasi 10.000 pengusaha di Istora Senayan.

Adu Kuat Pengusaha Pendukung Jokowi-Ma’ruf  vs Prabowo-Sandi

Kubu Prabowo - Sandiaga Uno

1. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Konstruksi dan Infrastruktur, Erwin Aksa.

Buntutnya, Erwin didepak dari struktur kepengurusan Partai Golkar, salah satu partai koalisi pendukung Jokowi.

Selain pejabat Kadin, Erwin juga dikenal luas karena keponakan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang saat ini bersama Jokowi di pemerintahan. Saat ditemui di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Rabu, 20 Maret 2019, Erwin menyebut alasan dukungannya karena persahabatannya dengan Sandiaga. “Saya kira itu alasan pertama,” kata dia.

Chief Executive Officer (CEO) Bosowa Group, ini salah satu inisiator pertemuan pengusaha dengan Prabowo dan Sandiaga pada Kamis malam, 21 Maret 2019. Pertemuan bertajuk “Silaturrahim 1.000 Pengusaha Nasional Lintas Sektoral untuk Indonesia Menang” itu akan berlangsung di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat.

Erwin menyebut pertemuan ini juga digagas Suryani Sidik Motik. Suryani adalah Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Ketua Umum Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi). Pada Maret 2018, Sandiaga sempat melantik pengurus Hippi DKI Jakarta saat masih menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI.

2. Pengusaha dan Etnis Tionghoa Sumut

Sebulan sebelumnya, sejumlah pengusaha dan warga Tionghoa menyampaikan dukungan kepada Prabowo - Sandiaga dalam acara di Selecta Royal Ballrom, Medan, Sumatera Utara.

 “Ini yang hadir lebih dari 1.500 warga etnis Tionghoa, kami mendukung Pak Prabowo jadi presiden karena ingin adanya perubahan,” kata ketua panitia acara, Harti Hartidjah, Jumat (22/2/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper