Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjir Bantul Akibak Siklon Savannah. Gunungkidul, Kulonprogo, Sleman juga Banjir

Dampak Siklon Savannah di wilayah DIY menyebabkan sejumlah kerusakan infrastruktur. Selain itu, ribuan orang mengungsi dan dilaporkan dua orang warga di Bantul meninggal dunia akibat bencana tersebut.
Warga membersihkan rumah dan lingkungan mereka pasca banjir di Salaman, Karangtalun, Imogiri, Bantul, Senin (18/3/2019). /Harian Jogja-Desi Suryanto.
Warga membersihkan rumah dan lingkungan mereka pasca banjir di Salaman, Karangtalun, Imogiri, Bantul, Senin (18/3/2019). /Harian Jogja-Desi Suryanto.

Bisnis.com, JOGJA- Siklon Savannah  di wilayah DIY menyebabkan sejumlah kerusakan infrastruktur. Selain itu, ribuan orang mengungsi dan dilaporkan dua orang warga di Bantul meninggal dunia akibat bencana tersebut.

Dua korban yang dilaporkan meninggal dunia akibat dampak Siklon Savannah yaitu Sudiatmojo, 80, warga Panjimatan, Wukirsari, Imogiri Bantul dan Painem, 70, warga Numpukan, Karangtengah, Imogiri, Bantul.

Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantara mengatakan jumlah warga terdampak keseluruhan untuk seluruh wilayah DIY sebanyak 5.046 penyintas. Mereka bermalam di lebih dari 23 titik pos evakuasi dan dilaporkan terdapat dua korban meninggal dunia. "Selain di wilayah Bantul, dampak Siklon Savannah juga dirasakan di wilayah Kulonprogo, Sleman dan Gunungkidul," katanya, Senin (18/3/2019).

Banjir yang terjadi di wilayah Bantul selain disebabkan genangan juga akibat luapan sungai akibat hujan yang turun sejak hingga Senin dinihari. Di Bantul banjir terjadi di sejumlah kecamatan mulai Sewon, Bantul, Jetis, Pleret, Imogiri. "Wilayah terdampak paling banyak terdapat di Bantul meliputi 14 kecamatan dan 35 desa," katanya.

Dia merinci, di Bantul 26 desa di 10 kecamatan mengalami banjir. Adapun longsor terjadi di sembilan desa di tujuh kecamatan, pohon tumbang di 12 titik, 12 desa, 10 Kecamatan. Sampai saat ini terdapat 17 titik evakuasi dengan jumlah penyintas sebanyak 4.427 jiwa.

BPBD DIY mencatat di Kabupaten Kulonprogo wilayah terdampak genangan terjadi di empat kecamatan meliputi Panjatan, Wates, Sentolo dan Temon. Adapun terdampak longsor di Kecamatan Kokap dan Girimulyo. Bencana berdampak 580 warga mengungsi di 6 titik pos evakuasi dengan penyintas terbanyak di stadion Cangkring berjumlah 500 orang.

"Jumlah tersebut kemungkinan terus bertambah karena sampai saat ini masih dalam proses evakuasi untuk daerah Bendungan Kecamatan Wates," katanya.

Sedangkan daerah Gunungkidul wilayah terdampak berada di sembilan kecamatan. Meliputi Wonosari, Purwosari, Semanu, Panggang, Tepus, Playen, Tanjungsari, Gedangsari, Karangmojo dan Patuk. BPBD mencatat terdapat kejadian longsor mengakibatkan 39 orang mengungsi di sanak famili.

Di wilayah Sleman, Siklon Savannah dilaporkan menyebabkan pepohonan tumbang di Kecamatan Sayegan dan Minggir. Di Kota Jogja pohon tumbang terjadi di kecamatan Kotagede, genangan air di Umbulharjo dan sumur longsor di Kecamatan Mergangsan.

Dukungan layanan kesehatan, logistik dan peralatan masih terus dilakukan dan masih membutuhkan dukungan.  Untuk kebutuhan sementara selain air hangat, air bersih, pakaian, selimut, alas tidur dan terpal, pengungsi butuh makanan siap saji dan obat-obatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper