BANJIR BANDANG SENTANI : Freeport Distribusikan Makanan Siap Saji

PT Freeport Indonesia (PTFI) mendistribusikan makanan siap saji dan air mineral ke posko bencana alam di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.
Newswire | 18 Maret 2019 08:58 WIB
Kendaraan terendam lumpur saat banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (17/3/2019). - Antara

Bisnis.com, JAYAPURA - PT Freeport Indonesia (PTFI) mendistribusikan makanan siap saji dan air mineral ke posko bencana alam di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Penyerahan bantuan awal makanan siap saji dilakukan oleh Kepala Kantor Perwakilan PTFI Jayapura, Anderson Sonny Worabai yang diterima Wakil Bupati, Giri Wijayantoro.

"Menanggapi peristiwa bencana banjir di Sentani, Jayapura yang terjadi pada Sabtu malam (16/3/2019). Pada Minggu (17/3/2019) siang, PTFI telah menyalurkan makanan siap saji ke sejumlah posko pengungsi," kata Anderson di Kota Jayapura, Senin (18/3/2019).

Sementara itu, tim Emergency Preparedness & Respond (EPR) PTFI di Timika, Kabupaten Mimika, telah memberangkatkan 5 orang ke Jayapura dengan menggunakan penerbangan pertama Garuda Indonesia, pada Senin (18/3/2019), dan dua orang tim medis akan diberangkatkan dari Jakarta.

“Kepala Teknik Tambang (KTT) PTFI, Zulkifli Lambali menyetujui kKeberangkatan tim EPR PTFI ke Sentani untuk bergabung dengan tim lain dibawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama pihak terkait di Sentani,” kata Syarih Muin, Superintendent EPR Lowland PTFI lewat telepon seluler.

Menurut dia, 5 orang tim EPR yang dikirimkan itu memiliki spesialisasi dalam hal rescue dan paramedik dan sebagian dari mereka pernah bergabung dengan tim kemanusiaan dalam bencana di Yogyakarta, Lombok, Palu dan proses evakuasi pesawat di Oxibil, Kabupaten Pegunungan Bintang beberapa waktu lalu.

Peralatan yang dibawa oleh tim berupa peralatan penyelamatan evakuasi di air serta beberapa peralatan penunjang lainnya.

“Kami mendahulukan bantuan untuk proses evakuasi di lapangan pada saat ini, bantuan lain akan dikirimkan menyusul,” kata Syarih Muin.

"Bantuan PTFI yang utama dalam bentuk pengiriman tim kemanusiaan, yang terpenting kita dahulukan tim EPR PTFI tiba lebih dulu dilokasi untuk membantu proses evakuasi dilapangan," ujar Riza Pratama, juru bicara PTFI menambahkan.

 Tim EPR PTFI akan berada di lokasi bencana hingga batas waktu yang belum ditentukan, atau sesuai dengan kebutuhan yang dikoordinir oleh BNPB di Sentani. Bantuan ini merupakan bagian dari kepedulian PTFI untuk terlibat dalam kegiatan kemanusiaan di masyarakat, khususnya di Papua.

 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Freeport, banjir papua

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup