Debat Cawapres 2019 : Di Akhir Segmen Sandi Keluarkan KTP, Ma'ruf Bersumpah

Suasana debat yang berlangsung 'santun' membuat suasana secara umum terasa kurang greget. Hentakan debat baru terasa saat kedua pihak membicarakan soal badan riset nasional.
Saeno | 17 Maret 2019 22:36 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Tepat pukul 20.00 WIB kedua capres tampil ke arena debat. Ma'ruf Amin hadir dengan busana khasnya, busana Muslim, berpeci dan sarungan. Sementara Sandiaga Uno memakai jas lengkap. Keduanya tampil sambil menebar senyum. Lea Simanjuntak kemudian memimpin menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Dua calon wakil presiden dari kubu nomor urut 01 dan nomor urut 02 yakni KH. Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahuddin Uno akan berhadap-hadapan dalam debat cawapres.

Sejumlah persiapan telah dilakukan oleh masing-masing kubu. Selain itu, saat debat berlangsung, keduanya akan disaksikan oleh capres pasangan masing-masing.

Semula capres petahana nomor urut 01 Joko Widodo alias Jokowi dan capres penantang nomor urut 02 Prabowo Subianto direncanakan akan hadir di Hotel Sultan, tempat debat berlangsung. Namun, kabar terakhir menyebutkan bahwa Prabowo tidak bisa hadir karena pesawat yang membawanya dari Kalimantan mengalami penundaan keberangkatan.

Ma'ruf Amin sebagai cawapres dari kubu 01 sudah melakukan persiapan tersendiri. Selain membaca berbagai berita dan menyerap aspirasi masyarakat, Ma'ruf juga membuka-buka kembali sejumlah literatur klasik. Menurut Ma'ruf kitab klasik itu masih relevan untuk digunakan menelaah kondisi sekarang. Persoalannya hanya tinggal bagaimana menerapkan literatur klasik tersebut dalam kondisi kekikian.

Sementara itu, selain melakukan persiapan internal, calon wakil presiden dari kubu 02 Sandiaga Uno rajin melakukan kunjungan ke sejumlah daerah. Selain untuk menggalang dukungan dan simpati publik, Sandi, demikian nama populernya, menyerap aspirasi dan keluh kesah warga.

Bagaimana jalannya debat cawapres? Ikuti malam ini, disiarkan langsung oleh sejumlah televisi di Indonesia

22:31 WIB

Kata Penutup, Sandi Keluarkan Dompet, Ma'ruf Bersumpah Lawan Hoaks

Sesi debat cawapres diakhiri dengan pernyataan penutup.

Sandi yang mendapat kesempatan pertama menyebut soal negeri yang kaya raya dan SDM yang hebat namun lapangan kerja sulit didapat anak anak muda, para ibu mengeluhkan berbagai biaya yang tinggi, biaya pangan dan biaya pendidikan.

Sandi menyebutkan janji Prabowo – Sandi untuk meningkatkan kondisi menjadi lebih baik. Sandi menyebut soal Oke Oce, pengurangan pengangguran di usia muda, dan memastikan kesejahteraan guru ditingkatkan, termasuk status guru honorer. Link and Match, pencabutan program Ujian Nasional dan libur di bulan Ramadan akan kembali ditetapkan.

Di bidang kesehatan Sandi berjanji akan membereskan soal BPJS, tenaga medis mendapat pembayaran tepat waktu, layanan obat juga memadai. Sandi pun menyebut satu kartu untuk mengatasi semua masalah tanpa perlu membuat kartu-kartu baru yang membebani pemerintah. KTP menjadi bahan big data untuk menangani semua masalah yang terjadi, ujar Sandi yang sebelumnya mengeluarkan KTP dari dompetnya.

Sementara itu Ma’ruf Amin menyebutkan bahwa pasangan Jokowi-Ma’ruf akan meneruskan kebijakan-kebijakan dan melakukan perbaikan kea rah yang lebih baik dari program yang telah dijalankan Jokowi-JK.

Jokowi-Ma’ruf akan memaksimalisasi, membesarkan, memnyempurnakan, membesarkan manfaat dan maslahan yang sudah ada.

Ma’ruf menyebut soal pergeseran startegi nasional dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan SDM.

Ma’ruf juga memohon restu dari semua pihak.

Di sisi lain, Ma'ruf mengajak semua pihak melawan hoaks dan firnah seperti pembubaran kementerian agama, legalisasi zinah, adzan dilarang.

Demi Allah saya bersumpah akan melawan itu, ujar Ma'ruf.

Ma’ruf juga mengutip firman Allah yang  menyebut jika datang orang fasik membawa berita, hendaknya semua bertabayun dan jangan percaya begitu saja.

Ma’ruf menyadari dirinya sudah tua, namun dia berjanji jika diberi kesempatan akan bekerja keras bukan untuk dirinya melainkan untuk generasi masa depan Indonesia.

22:17 WIB

Seksi Eksploratif Berakhir, Suasana Masih Kurang Greget

Hingga sesi eksploratif berakhir, suasana debat masih terasa kurang greget. Begitu segmen ini berakhir, suasana di lokasi debat terkesan biasa-biasa saja. Tak terdengar lonjakan suasana yang menandai sesi penting dalam debat cawapres telah berakhir.

22:13 WIB

Sandi Tanya Ma'ruf Strategi Atasi Pengangguran Usia Muda

Ditanya tentang startegi mengatasi pengangguran usia muda, Maz’ruf menyebut soal Dudi, dunia usaha dan dunia industri, pendirian cyber university, dan langkah lainnya untuk menyelesaikan masalah pengangguran usia muda dengan pendekatanstrukturan.

Sedangkan untuk pendekatan market, Ma;ruf menyebut soal berbagai pelatihan.

Sandi menanggapi, pentingnya kepastian usia kerja mendapat kepastian untuk bekerja. Rumah Siap Kerja ujar Sandi menjadi solusi permanen bagi anak muda menyiapkan diri memasuki dunia kerja.

Rumah Siap Kerja, ujar Sandi, memastikan lulusan SMK bisa mengakses beasiswa.

Ma’ruf menanggapi soal akses kepada masyarakat pencari kerja supaya bisa mengikuti kursus-kursus secara gratis. Ma’ruf menyebut akses kepintaran, kecakapan, dan kebugaran secara gratis untuk memberikan kesempatan angkatan kerja muda untuk bisa bekerja dan mandiri.

Sandi menyebut soal data milenial yang ingin jadi entrepreneur dan mendapat kesempatan membuka kesempatan kerja di berbagai bidang.

22:01 WIB

Putaran Kedua, Ma'ruf Tanya Sandi Soal Stunting

Ditanya tentang stunting, Sandi menyebut masalah itu masuk darurat. Sandi menyebut Indonesia emas yang memastikan para ibu dan anak mendapat masukan yang memadai, salah satunya susu.

Sandi meyakini, pengurangan stunting akan membuat Indonesia memiliki investasi emas bagi Indonesia. Adapun yang dimaksud sedekah putih seperti ditanyakan Ma'ruf, Sandi menyebut soal peluang bagi siapa pun untuk menyumbang susu, tablet, dan protein.

Ma'ruf menegaskan stunting terjadi setelah 1.000 hari pertama mulai ibu hamil.Ma'ruf menegaskan soal pemberian ASI selama dua tahun, colostrum berguna untuk anak dan hukumnya wajib diberikan sesuai pendapat ahli fiqih.

Ma'ruf menegaskan pemberian susu setelah anak berusia dua tahun, tidak bermanfaat mencegah stunting. Ma'ruf menyebut sedekah putih mengaburkan pengertian tentang pencegahan stunting.

Sandi menjawab Ma'ruf dengan mengenalkan istrinya terlebih dahulu. Ia menyebut kasus saat ASI istrinya tidak mengalir untuk anaknya. Soal sedekah susu, ia yakin akan membantu. "Memberi itu baik," ujar Sandi terkait program partisipatif untuk mendukung generasi emas mendapat asupan protein, untuk mendapatkan susu.

Sandi minta agar tidak saling menyalahkan karena istilah.

Ma'ruf menanggapi dengan menegaskan bahwa apa yang sudah berhasil dilakukan pemerintah menurunkan stunting sampai sebanyak 7 persen, perlu langkah langkah lanjutan. Ma'ruf menyebut langkah-langkah lanjutan seperti melalui bansos agar para ibu bisa memberikan gizi mencukupi untuk anak.

 

21:45 WIB

Ma'ruf bertanya tentang instrumen untuk mengecek daerah gunakan dana alokasi

Mendapat kesempatan menyampaikan pertanyaan, Ma'ruf bertanya tentang instrumen untuk mengecek daerah gunakan dana alokasi.

Sandi mulai menjawab dengan pengalaman menjadi Wagub DKI. Mengutip Sri Mulyani, Sandi menyebut soal dana Rp400 triliun lebih yang belum menghasilkan hal yang berkualitas.

Sandi menyebutkan soal instrumen yang banyak digunakan untuk memonitor alokasi dana bagi daerah. Ia meyakini dengan konsep link and match, Sandi yakin bersama Prabowo bisa mengoptimalkan semua alokasi dana.

Ma'ruf menyebut soal instrumen yang bisa memantau output dan menyampaikan seluruh informasi kepada seluruh departemen terkait sehingga dana alokasi untuk daerah bisa dimonitor dengan baik.

Sandi menanggapi dengan melontar isu kesejahteraan bagi guru, meningkatan kualitas, kompetensi dan memastikan kesejahteraan para guru.

Terkait kurikulum, Sandi memastikan kurikulum fokus pada upaya membangun karakter, Sandi juga menyatakan akan menghapus biaya ujian nasional. Menggantikannya dengan penelusuran minat dan bakat yang sangat aplikatif dan berkeadilan.

Ma'ruf masih diberi kesempatan, dan kembali bertanya tentang cara memantau dana alokasi pendidikan ke daerah, dan kesulitan untuk memantau efisiensi penggunaan dana. Ma'ruf menegaskan kembali perlunya instrumen yang disepakati yang bisa dilaporkan kepada kementerian terkait. Sehingga dana untuk daerah efektif dan efisien.

Sandi menjawab instrumen itu bisa dipantau, tapi ujar Sandi persoalannya adalah perlunya ada keadilan.

21:36 WIB

Sandi bertanya soal keadilan kerja

Sandi bertanya tentang keadilan kerja bagi warga negara Indonesia dibandingkan dengan kesempatan kerja kepada tenaga kerja asing. Sandi menyebut angka pengangguran di kisaran 7 juta.

Menjawab Sandi, Ma'ruf menyebutkan tenaga kerja asing di Indonesia terkendali. Angkanya berada di kisaran 0.01%.

Kehadiran startup disebut Ma'ruf akan membuka lapangan kerja. Ke depan, Ma'ruf menyebut soal kemungkinan menumbuhkan 3.000 startup.

Sandi menyebut soal peluang usaha UMKM dan keberpihakan dari segi kebijakan padahal lapangan kerja di bidang UMKM memberi lapangan kerja yang banyak.

Tentang tenaga kerja asing, Sandi menyebutkan akan mewajibkan TKA bisa berbahasa Indonesia.

Di sisi lain, Sandi menegaskan bahwa UMKM merupakan solusi mengatasi angka pengangguran di Indonesia.

Sandi menegaskan juga pentingnya kesempatan kerja diberikan kepada tenaga kerja Indonesia bukan ke tenaga kerja asing.

Ma'ruf menjawab bahwa TKA hanya dibolehkan di bidang yang tidak dikuasai tenaga kerja Indonesia dan untuk transfer pengetahuan.

Ma'ruf juga menyebutkan soal sjsn bagi mereka yang miskin, berupa kartu sembako kerja, kartu prakerja sampai mereka mendapat pekerjaan. Waktunya sampai satu tahun.

21:27 WIB

Segmen Eksploratif, Ma'ruf dan Sandi Saling Bertanya

Segmen pertama hingga ketiga Debat Cawapres 2019 berlangsung cenderung datar kecuali saat berbicara tentang badan riset nasional. Segmen keempat yang merupakan segmen eksploratif diharapkan berlangsung lebih seru dan terjadi adu gagasan dan konsep.

Debat pada segmen ini berlangsung 8 menit. Kesempatan pertama Sandi bertanya kepada Ma'ruf.

 

21:22 WIB

Ma'ruf Amin sebut strategi budaya ke depan

Ma'ruf menegaskan akan terus mengembangkan kebudayaan dan menyebutkan soal berbagai budaya lokal yang bisa menjadi nilai bangsa. Ma'ruf menyebutkan soal kebhinekaan dan nilai kolektif serta nilai individual. Nilai nilai itu akan diangkat dari nilai lokal, menjadi nilai bangsa, bahkan siap diangkat menjadi nilai global.

21:17 WIB

Sandi sebut soal warisan budaya

Sandi mengingatkan bicara kebudayaan tidak hanya bicara anggaran dana, melainkan mengkolaborasikan semua aspek budaya yang ada dan tidak membiarkannya menjadi beban pemerintah semata. Sandi menyebut banyak pihak yang mau berkontribusi untuk memajukan kebudayaan.

Sandi menyebutkan, ia dan Prabowo akan menyeimbangkan antara pembangunan kebudayaan dan pembangunan di bidang infrastruktur.

21:15 WIB

Ma'ruf bicara soal Konservasi Budaya

Ma'ruf Amin menyebutkan pentingnya strategi untuk pemajuan kebudayaan. Tak hanya itu, akan dilakukan upaya untuk mengglobalkan budaya Indonesia. Selain ada dana abadi kebudayaan untuk menyokong langkah-langkah kebudayaan, Ma'ruf menyebut soal kehadiran bekraf, dan rencana menyelenggarakan festival kebudayaan di luar negeri. Ma'ruf juga menyebut soal gedung seperti gedung opera di Sidney.

21:12 WIB

Topik Sosial Budaya, Ini Kata Sandi

Sandi menyebutkan pertemuan Bung Karno dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat. Bung Karno menyebut AS punya bom atom, tapi Indonesia punya kebudayaan yang tinggi.

Sandi melihat anggaran dan infrastruktur memang kurang, namun Sandi menyebut soal kemitraan yang bisa mengarahkan minat untuk mencintai budaya bangsa. Sandi yakin dari sisi budaya akan lahir ekonomi berbasis budaya. Sandi menyebut soal ekonomi kreatif, pariwisata, dan pembangunan budaya sebagai prioritas untuk menciptakan letupan ekonomi yang akan meningkatkan kesejahteraan.

21:09 WIB

Sandi kembali sebut Rumah Siap Kerja

Menanggapi Ma'ruf, Sandi kembali menyebutkan pentingnya menyiapkan SDM Indonesia. Sandi kembali menyebutkan kesiapan Rumah Siap Kerja untuk memberi peluang dan kesempatan kepada para generasi muda.

Sandi yakin banyak anak muda yang mampu berkarya bagi Indonesia.

 

21:07 WIB

Ma'ruf sebut tingkat pengangguran sudah sangat menurun, startup dan unicorn

Ma'ruf Amin menyebutkan kita semua perlu bersyukur dengan keberhasilan pemerintah menurunkan tingkat pengangguran. Infrastruktur dibangun di darat, laut dan udara.

Pada kesempatan ini, Ma'ruf juga menyebut soal kehadiran startup dan unicorn.

21:05 WIB

Sandi bertemu sejumlah SDM Indonesia

Sandi menyebutkan Rumah Siap Kerja yang didirikan Prabowo-Sandi siap memberi peluang link and match bagi para pemuda agar mudah mencari pekerjaan. Rumah siap kerja disebut Sandi memberi pelayanan one stop service mulai dari melatih, mencarikan program magang dan menghadirkannya di tiap kecamatan sampai tiap desa. Mereka akan disiapkan menghadapi Revolusi Industri 4.0. Sandi yakin SDM Indonesia pintar pintar dan siap bersaing. 

20:55 WIB

Strategi memperkuat kualitas SDM, Ini Kata Ma'ruf

Ma'ruf menyebut pentingnya kerja sama kelompok dudi, dunia usaha dan duania pendidikan untuk peningkatan SDM. Ma'ruf juga menyebut soal kursus dengan BLK, dunia kerja dan BUMN.

Tenaga kerja Indonesia akan bersaing dengan adanya kursus-kursus dan sertifikasi serta upaya upaya untuk meningkatkan skala daya saing SDM, baik bersaing di luar negeri maupun perlindungan di dalam negeri.

21:03 WIB

Soal stunting, Ma'ruf sebut target penurunan. Sandi bicara tablet susu

Ma'ruf Amin menyebutkasn program di bidang kesehatan adalah menurunkan angka stunting menjadi lebih rendah lagi. Ma'ruf menyebut dimasa Jokowi-JK angka stunting turun 7 persen, ke depan Jokowi-Ma'ruf merencanakan penurunan stunting mendekati angka 20%.

Sandi juga sepakat soal penurunan stunting, dia menyebutkan soal program pemberian susu, tablet susu bagi anak-anak.

Pada segmen ini tidak ada perdebatan terkait isu yang disampaikan.

20:55 WIB

Sandi Sebut Kasus Ibu Lies

Sandiaga Uno mengingatkan kasus Ibu Lies yang penyakitnya tidak dikover BPJS tidak boleh terulang. Sandi menyebutkan dia dan Prabowo akan mencari akar masalah BPJS sehingga masalah tidak terulang.

 

20:48 WIB

Soal Kesehatan, Ma'ruf mendapat kesempatan pertama

Ma'ruf menyebut soal asuransi sosial yang besar melalui BPJS sebagai asuransi asuransi terbesar di dunia. 96,8 juta peserta memperoleh PBI, penerima biaya iuran dari pemerintah. Sebenarnya pemerintah sudah melakukan langkah besar dalam memberikan pelayanan dengan harga yang murah.

Dalam memaksimalkan manfaat, Ma'ruf menyebut soal rencana peningkatan pelayanan dengan mendirikan pusat pusat kesehatan yang bisa dijangkau masyarakat dengan layanan lebih baik. Ma'ruf menyebut soal redistribusi pelayan medis dan penyediaan obat yang cukup bagi masyarakat.

20:46 WIB

Ma'ruf Ingankan Efisiensi Lembaga, Bukan Penambahan Lembaga

Ma'ruf Amin menjelaskan kepada Sandi bahwa Badan Riset Nasional bukanlah penambahan lembaga baru melainkan mengefisienkan lembaga-lemabaga yang ada. Terkait hubungan antara dunia usaha dan duania pendidikan, MA'ruf Amin menyampaikan peluang bagi bangsa untuk menjawab tantangan 10 tahun ke depan.

Sesi ini berjalan mulut. Tidak ada perbedaan pendapat lebih lanjut antara Ma'ruf dan Sandi.

20:44 WIB

Sandi ingatkan dampak penambahan birokrasi

Menyanggak Ma'ruf Amin, Sandiaga Uno mengingatkan bahwa menambah badan baru hanya akan menambah birokrasi. Sandi bersikukuh pentingnya mengkolaborasikan segala potensi yang ada.

Ekosistem, menurut Sandi, merupakan hal yang penting. Kuncinya adalah peluang kepada para pemuda untuk maju.

20:41 WIB

Ma'ruf Amin sebut Badan Riset Nasional

Ma'ruf Amin menyebutkan bahwa riset akan dikonsolidasikan, anggaran dialokasikan dan akan ada dana abadi riset selain dana dana abadi kebudayaan dan dana abadi pendidikan. Ma'ruf menyebut soal pembentukan Badan Riset Nasional. Ma'ruf yakin Indonesia bisa menghadapi tantangan masa depan.

20:36 WIB

Pertanyaan Pertama Soal Pendidikan, Sandi menjawab Pertama

Pertanyaan pertama dari kotak D, topik pendidikan dan kesehatan. Sesi pertama cawapres menjawab pertanyaan bertopik pendidikan.

Ma'ruf Amin mendapat giliran kedua. Sandiaga Uno menjawab pertama kali.

Adapun pertanyaannya terkait pendapatan domestik bruto Indonesia, dan peluang menjadi 5 besar dunia pada 2045, mensyarakan pembangunan berbasis iptek. Bagaimana komitmen cawapres untuk terciptanya riset menjawab kebutuhan tersebut.

Sandi menyebutkan sistem pendidikan  harus nyambung dengan kenyataan, inovasi untuk riset dan teknologi harus terkonsolidasi dengan sinergi antara pengusaha, kalangan akademik dan pemerintah.

Sandi menjanjikan jumlah besar riset dan teknologi serta pengalokasian sinergis dengan dunia usaha juga sistem akademis.

 

20:33 WIB

Segmen Kedua, Cawapres Menjawab Pertanyaan Panelis

Segmen pertama penyampaian visi misi berjalan lancar. Pada segmen kedua para cawapres menjawab pertanyaan dari panelis, bertanya kepada cawapres lain dan menanggapi.

Tim panelis dibentuk KPU, mereka terdiri dari berbagai latar belakang profesi baik akademisi, yakni rektor dan guru besar serta aktivis perburuhan, serta budayawan dan sastrawan.

Pada segmen kedua ini

20:28 WIB

Sandi Sampaikan Visi Misi

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menyampaikan sejumlah visi dan misi mulai dari masalah pendidikan hingga kebudayaan.

Dalam bidang pendidikan Sandi antara lain menyebutkan soal penghapusan ujian nasional, diganti dengan penelusuran minat dan bakat serta menghidupkan metode link and match.

Dalam bidang kesehatan Sandi menegaskan soal penyelesaian masalah BPJS dan kepastian pembayaran obat serta tenaga medis.

Terkain kesempatan kerja, Sandi menyebutkan soal rumah kerja untuk para pemuda. Selain itu Sandi menyatakan akan meningkatkan program Oke Oce ke level nasional.

Terkait sosial dan budaya Sandi menyebutkan bahwa kebhinekaan harus dipelihara dan menjadi fokus bangsa.

20:21 WIB

Ma'ruf Amin Sampaikan Visi Misi Pertama Kali

Cawapres Ma'ruf Amin berkesempatan menyampaikan visi dan misi. Ma'ruf menyampaikan visi dan misi pasangan 01 dengan lancar dan sesuai waktu yang disediakan. Ma'ruf menyebut soal tiga kartu sakti yanng telah diperkenalkan sebelumnya oleh Jokowi.

Usai menyampaikan visi dan misi pendukung memberikan tanggap dengan berseru.

19:29 WIB

'Adu Doa', Ma'ruf Amin - Sandiaga Uno

Debat cawapres antara Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno bisa disebut sebagai "adu doa" dari masing masing kubu.

Hal ini terbukti dari kehadiran para alim-ulama yang menghantarkan doa bagi keduanya sebelum hadir di tempat acara, Ballroom Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Minggu (17/3/2019).

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno sebelum bertolak ke tempat acara didampingi Panglima Komando Ulama untuk Pemenangan Prabowo-Sandi (Kopassandi) KH Abdul Rosyid Abdullah Syafi'ie menjalani doa bersama, sebagai simbol agar Sandi diberikan kemudahan dalam menjalani debat.

"Doa Nabi Yunus tadi disampaikan oleh pak Kiai Rosyid. Pengalaman Nabi Yunus dilempar ke tengah lautan, dimakan ikan, dan dalam kegelapan malam, kegelapan dalam perut ikan, melantunkan sebuah doa," ungkap Sandi.

"Jadi tadi [doa tersebut] dilantunkan juga [dalam doa bersama] mudah-mudahan memberikan kemudahan bagi kita ke depan," ujar Sandi.

Sedangkan Ma'ruf Amin, yang merupakan mantan Ketua Umum MUI dan Rais Aam PBNU ini tampak dikunjungi beberapa kolega para ulama dan tokoh, yang mendoakannya sukses menjalani debat perdana tanpa didampingi capres nomor urut 01 Joko Widodo.

Di antaranya tampak Kiai sepuh Abuya Ahmad Muhtadi bin Dimyathi al-Bantani. Hadir juga KH. Hasan Mutawaqqil Alallah, KH. Manarul Hidayat, dan KH. Marzuqi Mustamar. Bahkan, tampak pula ulama dari Papua, KH Saiful Islam Al Payage.

19:00 WIB

Sandi Dinilai akan Kuasai Forum

Pengamat politik dari Universitas Indonesia Hamdi Muluk menilai Ma'ruf yang seorang ulama tidak terbiasa dengan beradu gagasan. Sedangkan Sandi dinilai akan bersikap 'sungkan' terhadap lawannya.Hamdi menilai Sandiaga Uno yang berlatar pengusaha akan lebih menguasai panggung debat ketimbang lawannya Ma'ruf Amin, seorang mantan Rois Aam Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU).Itu merujuk pada latar belakang Ma'ruf yang seorang ulama dan terbiasa berceramah ketimbang beradu gagasan, ujarnya, Minggu (17/3/2019).
18:48 WIB

Lebih dari 4.000 Personel Gabungan Lakukan Pengamanan

Lebih dari 4.000 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan debat calon wakil presiden (cawapres) Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno di Hotel Sultan, Jakarta Pusat.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Wahyu Hadiningrat mengatakan personel gabungan yang diterjunkan tersebut terdiri dari unsur Polri, TNI, dan personel pengaman dari Pemprov DKI Jakarta.

"Pengamanan ini melibatkan 4.447 personel," katanya di depan Gedung JCC, Senayan, Minggu (17/3/2019).

Wahyu menuturkan titik-titik pengamanan masih sama dengan debat Pilpres 2019 yang pernah dilaksanakan sebelumnya. Polda Metro Jaya membagi titik keamanan menjadi empat ring.

17:41 WIB

Pesawat Delayed, Prabowo Batal Hadiri Debat Cawapres

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno harus menjalani debat tanpa dihadiri capres yang didampinginya.

Capres Prabowo Subianto disebut tak akan menghadiri debat Cawapres, di Hotel Sultan, Minggu (17/3/2019) malam ini. Prabowo akan menonton di kediamannya, Jalan Kertanegara 4.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade mengatakan Prabowo tak menghadiri debat Cawapres lantaran pesawat yang membawa capres 02 itu dari Pontianak ke Jakarta mengalami penundaan atau delay.

 

15:57 WIB

Sandi Main Basket Bareng AHY, Berenang Bersama Anak

Cawapres nomor urut 2 Sandiaga Uno menjalankan aktivitas ringan dan santai men jelang debat Cawapres nanti malam.

Minggu pagiSandi berlari bersama sekaligus main basket dengan Agus Yudhoyono alias AHY.

Sandi juga menyempatkan diri berenang bersama anak-anaknya.

Di akun media sosialnya, Sandi juga sempat menceritakan kemenangannya saat tanding basket melawan anak-anak muda atau tim milenial.

15:20 WIB

Modal Ma'ruf : Hidup Lebih Lama

Usia yang lebih tua dibandingkan Sandiaga Uno dinilai KH. Ma'ruf Amin sebagai modal dalam debat cawapres, Minggu (17/3/2019).

Pengalaman hidup dinilai Ma'ruf sebagai kunci dalam persiapan menghadapi Sandiaga Uno.

"Persiapan ya pengalaman saja, kan saya lebih lama hidup. Saya lebih lama hidup jadi pengalaman saya lebih banyak, nah kuncinya pengalaman," kata Ma'ruf di kediaman Situbondo, Jakarta, Minggu, seperti dikutip Antara.

 

14:19 WIB

Aturan Main

Seperti halnya debat capres, pada debat cawapres juga berlagsung dalam beberapa segmen. Debat cawapres akan berlangsung dalam enam segmen dan terdapat debat eksploratif pada segmen keempat.

Kedua kandidat mendapat kesempatan untuk saling bertanya atau menjawab pertanyaan dari panelis.

Sandi akan menjawab lebih dulu pertanyaan pertama dengan isu pendidikan. Kemudian Ma’ruf juga diminta menjawab soal pertama. Setelah itu keduanya saling memberi tanggapan.

Pada topik kesehatan, Ma’ruf menjawab lebih dulu.

13:54 WIB

Massa Bersarung dan Peci Putih Dukung Ma'ruf Amin

Massa bersarung serta baju dan peci putih diperkirakan akan ramai memberikan dukungan kepada cawapres Ma'ruf Amin pada debat cawapres 2019 malam ini, Minggu (17/3/2019).

Hal itu sejalan dengan imbauan Rumah Aspirasi Rakyat yang akan mengadakan nobar debat cawapres 2019.

Relawan atau pendukung Jokowi-Ma'ruf diharap mengenakan pakaian putih, peci, serta sarung. Imbauan itu dikeluarkan sebagai bentuk dukungan untuk Ma'ruf Amin yang akan berdebat dengan Sandiaga Uno.

Meski mengeluarkan imbauan seperti itu, masyarakat yang menyaksikan nobar dapat mengenakan pakaian putih saja jika tidak memiliki sarung atau peci.

"Kami mengajak relawan dan simpatisan pasangan Jokowi-Maruf, juga masyarakat pada umumnya untuk datang dan meramaikan nobar debat cawapres putaran ketiga di Rumah Aspirasi Rakyat #01," kata Wakil Kepala Rumah Aspirasi Rakyat Michael Umbas dalam keterangan tertulis.

12:47 WIB

Peluru Sandiaga Salahuddin Uno

Koordinator Juru Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ledia Hanifa Amaliah mengatakan pasangan capres dan cawapresnya akan fokus pada penguatan ketahanan keluarga untuk melindungi anak Indonesia, mengingat banyak persoalan anak bersumber dari kerentanan keluarga.

Ledia mengatakan beberapa keluarga memiliki ketahanan yang tidak kuat, salah satunya karena mengalami kemiskinan dan pemiskinan sehingga penghambat tumbuh kembang anak. Persoalan yang muncul kemudian adalah anak kurang gizi, yang selanjutnya pada anak tumbuh kerdil atau stunting dan penurunan kecerdasan anak.

Dengan kondisi tersebut bonus demografi yang disebut-sebut Indonesia diperoleh pada 2035, bisa menjadi bencana bila kualitas anak-anak saat ini tidak baik, katanya.

Sementara Cawapres Sandiaga Uno mengatakan bahwa para guru honorer kesejahteraannya harus diperhatikan untuk memberikan rasa keadilan, sebelum meningkatkan kualitasnya.

Materi lain yang disiapkannya untuk debat cawapres terkait isu pendidikan yang intinya bukan hanya mendidik anak-anak muda yang cerdas, tapi juga berakhlaktul kharimah memiliki karakter kuat dan budi pekerti.

Prabowo-Sandiaga ingin mendorong pendidikan yang tuntas dan berkualitas, ujar dia, memastikan bahwa kurikulum ke depan tidak hanya menjejali siswa dengan begitu banyak beban pelajaran, sehingga peserta didik dan pendidiknya kerepotan karena terlalu banyak beban kurikulumnya.

Ia juga memperkenalkan konsep Rumah Siap Kerja untuk menanggulangi pengangguran di Indonesia, terutama di kalangan kaum muda. Konsep ini diperkenalkannya sebagai suatu solusi untuk memberikan jalan keluar, bagi kurangnya akses bagi kaum muda yang menganggur di daerah perkotaan dan perdesaan, yang mencari lapangan kerja maupun berkeinginan untuk menjadi wirausaha.

"Indonesia memiliki kurang lebih 7 sampai 8 juta pengangguran, di mana sebagian besarnya adalah anak-anak muda di usia produktif," kata Sandiaga seperti dikutip Antara.

"Indonesia memiliki bonus demografi yang berpotensi positif pada masa yang akan datang, jika masalah pengangguran ini tidak ditanggulangi dengan strategi dan program yang baik dan terintegrasi, maka kita akan memiliki masalah besar di kemudian hari," katanya.

Dia menyebut tingkat penggangguran Indonesia meningkat 5,34 persen pada kuartal ketiga tahun 2018, dari 5,13% pada kuartal pertama sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018.

12:43 WIB

Amunisi Kiai Ma'ruf Amin

Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, Ida Fauziyah mengatakan pasangan capres dan cawapres yang diusungnya berkomitmen menurunkan angka anak tumbuh kerdil atau stunting.

"Prevalensi 'stunting' di Indonesia sudah menurun dari 37,2 persen menjadi 30,8 persen. Hal itu diapresiasi Bank Dunia," kata Ida.

Lebih lanjut, ia mengatakan angka kekerdilan memang masih tinggi, karena itu, Jokowi-Ma'ruf berkomitmen untuk terus menurunkan prevalensi kekerdilan hingga menjadi 20,8 persen bahkan jangan ada lagi anak tumbuh stunting.

Kubu 01 akan menggunakan pendekatan dana desa untuk menyelesaikan “stunting” mengingat lebih banyak terjadi di perdesaan.

Terkait perlindungan anak, Ida mengatakan pasangan Jokowi-Ma'ruf memiliki program pengembangan sistem jaminan gizi dan tumbuh kembang anak. Saat ini kekerdilan atau "stunting" masih menjadi salah satu masalah pembangunan anak di Indonesia.

Sedangkan Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzili memastikan capres dan cawapres jagoannya memiliki fokus yang besar pada isu kebudayaan mengingat ini menjadi karakter bangsa. Ini terbukti dengar perumusan Undang-undang Pemajuan Kebudayaan.

Sementara Juru kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin, Dedek Prayudi memandang bahwa visi dan misi capres-cawapres-nya adalah bentuk optimisme menyambut peluang bonus demografi.

Mantan peneliti kebijakan United Nations Population Fund itu mengatakan terdapat sejumlah poin dari visi-misi Jokowi yang menjawab dua tantangan fundamental bonus demografi, yakni pemberdayaan perempuan dan pemberdayaan pemuda.

"Pertama, Kartu Indonesia Pintar hingga bangku kuliah. Kedua, Peningkatan kualitas pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri dan ekspansi badan-badan pelatihan. Ketiga, ekspansi, revitalisasi dan penguatan sentra-sentra digital dan membangun pembangunan SDM digital," kata Dedek.

Dedek menilai bahwa tiga poin ini tergabung didalam rangkaian skema pemberdayaan pemuda yang akan mendorong peningkatan kualitas SDM pemuda agar siap pakai, sesuai kebutuhan jaman dan kompetitif.

Mengenai pemberdayaan perempuan, Dedek menyinggung dua program unggulan capres 01 yakni Program childcare atau penitipan dan pengasuhan anak secara masif yang dinilai akan mendorong kesetaraan dan kesempatan kerja antara perempuan dan laki-laki.

12:38 WIB

5 Tema Debat Ajang unjuk Kehebatan

KH. Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno akan ditantang untuk menunjukkan penguasaan mereka atas 5 tema debat. Kelima tema itu adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. Bila sosial dan budaya dianggap satu tema, maka Ma'ruf dan Sandi akan ditantang menunjukkan pemahaman mereka atas 4 tema debat.

Debat cawapres akan berlangsung mulai pukul 20.00 WIB di Hotel Sultan, Jakarta.

12:35 WIB

Debat dimulai Pukul 20.00 WIB

Debat Ketiga pada rangkaian Pemilu 2019 antara KH. Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahuddin Uno akan berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan bahwa debat antarcawapres itu akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, pada Minggu (17/3), pukul 20.00 WIB.

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top