Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENAL DAPIL : Mantan Wali Kota dan Jubir BPN Berebut Kursi Senayan dari Dapil Sumbar I

Belum kesampaian maju sebagai calon Wali Kota Padang, Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan calon presiden Prabowo Subianto-Sandiaga S. Uno, Andre Rosiade bersaing sebagai calon anggota legislatif di Dapil Sumbar II.

Kabar24.com, JAKARTA — Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade, pernah berucap dalam suatu kesempatan obesinya untuk menjadi Wali Kota Padang.

Namun, pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Padang 2018, partainya urung mengusung Andre karena kursi pencalonan tidak cukup. Sebagai gantinya, pria kelahiran Padang tersebut didaftarkan sebagai calon anggota legislatif dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatra Barat I yang mencakup kampung halamannya itu.

Gagal ikut pilkada, Andre justru makin ngetop di tingkat nasional. Jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Subianto yang disandang sudah pasti membuat dirinya terkenal hingga ke kabupaten/kota se-Dapil Sumbar I.

Bila Andre masih mengimpikan kursi Padang-1, politisi Partai Nasdem Fauzi Bahar malah sudah dua periode memegang jabatan itu. Soal popularitas pasti bukan masalah tatkala Fauzi masuk dalam daftar caleg di Dapil Sumbar I.

Andre dan Fauzi adalah nama-nama baru yang berniat masuk Senayan. Namun, jangan lupa bahwa para petahana pun tidak rela kehilangan kursi empuk itu.

Dari delapan anggota DPR Dapil Sumbar I, tercatat hanya Betti Shadiq Pasadigoe dari Golkar dan Hasanuddin dari Partai Persatuan Pembangunan tidak lagi menjadi caleg. Para petahana ditempatkan partainya di nomor urut atas yang menunjukkan niat mempertahankan kursi.

Berdasarkan perolehan suara Pileg 2014, Golkar menjadi penguasa Dapil Sumbar I dengan 251.511 suara. Kontributor terbesar suara adalah Betti yang namanya dicoblos oleh 77.663 pemilih, terbanyak di antara delapan caleg terpilih.

Tatkala Betti tak menjadi caleg, Golkar memiliki pekerjaan rumah untuk mempertahankan suaranya. Di belakangnya, kompetitor dengan caleg-caleg potensial sudah siap mendekat, bahkan mengambil alih posisi partai berlogo pohon beringin itu.

PETAHANA DAPIL SUMBAR I 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Alex Indra Lukman 

Partai Golkar 

Betti Shadiq Pasadigoe 

Partai Gerindra 

Suir Syam 

Partai Demokrat 

Darizal Basir 

Partai Amanat Nasional 

Asli Chaidir 

Partai Keadilan Sejahtera 

Hermanto 

Partai Nasdem 

Endre Saifoel 

Partai Persatuan Pembangunan 

Hasanuddin 

PEMILIH DAPIL SUMBAR I 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Kepulauan Mentawai 

63.103 

Pesisir Selatan 

331.260 

Kota Padang 

592.162 

Kota Solok 

47.418 

Solok 

281.902 

Solok Selatan 

114.161 

Kota Sawahlunto 

45.778 

Sijunjung 

156.361 

Dharmasraya 

143.907 

Kota Padang Panjang 

38.781 

Tanah Datar 

276.615 

Total 

2.091.448 

Sumber: KPU; diolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper