Naik Kereta Api Lapis Baja, Kim Jong-un Mulai Perjalanan ke Vietnam

Kereta lapis baja yang ditumpangi Kim bertolak dari Pyongyang, Sabtu (23/2/2019) pukul 17.00 waktu setempat.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 24 Februari 2019  |  12:57 WIB
Naik Kereta Api Lapis Baja, Kim Jong-un Mulai Perjalanan ke Vietnam
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi Hotel Marina Bay Sands di Singapura, 11 Juni 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dilaporkan telah memulai perjalanan ke Vietnam dengan kereta.

Jong-un akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk melakukan perundingan nuklir pada 27 - 28 Februari mendatang.

Kantor berita Rusia, TASS menyebutkan kereta lapis baja yang ditumpangi Kim bertolak dari Pyongyang pada Sabtu (23/2/2019) pukul 17.00 waktu setempat.

Kereta tersebut melintasi kota perbatasan Korut dan China, Dandong pada Sabtu malam. Diperkirakan Jong-un  tiba di Beijing pada Minggu pagi (24/2/2019), demikian laporan kantor berita Korea Selatan, Yonhap.

Perjalanan Kim dengan kereta api ini kemudian dikonfirmasi kantor berita Korea Utara KCNA.

Kim Jong-un dikabarkan didampingi oleh tangan kanan sekaligus seorang petinggi militer Kim Yong-chol. Sebelumnya Kim Yong-chol telah bertemud Trump di Gedung Putih bulan lalu.

Melintasnya kereta yang ditumpangi Kim ke China merupakan bagian dari rencana perjalanannya yang diselimuti kerahasiaan.

Korut telah mengonfirmasi bahwa Kim telah bertolak dari Pyongyang, pihak China belum melaporkan seperti apa perjalanan Kim dari Beijing menuju Hanoi nanti.

Pengamanan sebelum kereta tersebut tiba di Dandong pun diperketat. Polisi dikabarkan menutup pinggiran sungai yang berjarak 100 meter dari jembatan dengan penghalang logam.

Sebuah hotel yang menghadap jembatan pun ditutup secara mendadak pada Sabtu.

"Kereta itu panjang dan melintasi jembatan lebih lambat dari kereta wisata, tapi itu pasti dia, ada banyak polisi yang berjaga," kata sumber yang tidak disebutkan namanya kepada NK News.

Saksi tersebut juga mengungkapkan bahwa jendela kereta itu gelap dengan hanya lampu depan yang menyala saat melintas.

Kim sebelumnya pernah menumpangi kereta bewarna hijau zaitun itu ke Beijing. Kim Jong-un mungkin bakal bertemu Presiden China Xi Jinping sebelum bertolak ke Vietnam sebagaimana pertemuan pertemuan bersejarahnya dengan Trump dan Presiden Korsel Moon Jae-in tahun lalu.

Sumber yang mengetahui rencana perjalanan Kim sebelumnya mengatakan pada Reuters bahwa Kim akan melanjutkan perjalanan darat dengan Kereta dari Beijing ke Vietnam. Perjalanan tersebut akan memakan waktu kurang lebih 2,5 hari. Ia akan berhenti di stasiun di perbatasan Dong Dang dan berangkat ke Hanoi dengan mengendarai mobil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kim jong un, nuklir korut, Donald Trump

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup