Survei LSI: Pemilih Muslim Banyak Meninggalkan PDIP

Pemilih beragama Islam banyak meninggalkan PDIP dan beralih ke partai politik lain untuk dipilih pada pemilu 2019.
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 20 Februari 2019  |  16:35 WIB
Survei LSI: Pemilih Muslim Banyak Meninggalkan PDIP
Hasil survei LSI pada dari bulan/ke bulan.

Bisnis.com, JAKARTA — Pemilih beragama Islam banyak meninggalkan PDIP dan beralih ke partai politik lain untuk dipilih pada pemilu 2019.

Hal itu diketahui dari survei yang dilakukan LSI Denny JA pada 18-25 Januari 2019. Berdasarkan hasil survei yang diterima Bisnis, elektabilitas PDIP di kalangan pemilih muslim sebesar 18,4%.

Elektabilitas PDIP itu turun dibanding raihan pada Desember 2018. Kala itu, pemilih Islam yang memilih PDIP masih sekitar 24,6%.

Hal berbeda dialami parpol lain. Partai Gerindra misalnya, meraih dukungan 16,6% pemilih muslim. Angka itu naik dari 14,3% dukungan pada Desember 2018.

Kenaikan dukungan dari pemilih muslim juga dialami Golkar. Partai itu naik elektabilitasnya di kalangan pemilih Islam dari 9,6% menjadi 11%.

Bertambahnya dukungan dari pemilih muslim juga dialami PKB, Demokrat, NasDem, PKS, PPP, Perindo, Garuda dan PSI. Sementara partai lain menurun elektabilitasnya di kalangan pemilih tersebut.

Survei LSI Denny JA melibatkan 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2.8%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lsi, Pilpres 2019

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top