Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kendaraan Berstiker Prabowo-Sandi Dilarang Masuk Kebun Raya Bogor?

Pengelola Kebun Raya Bogor menyampaikan klarifikasi kabar kendaraan berstiker pasangan calon nomor urut 02 Prabowo - Sandiaga Uno dilarang masuk.
Kebun Raya Bogor/Istimewa
Kebun Raya Bogor/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pengelola Kebun Raya Bogor menyampaikan klarifikasi kabar kendaraan berstiker pasangan calon nomor urut 02 Prabowo - Sandiaga Uno dilarang masuk. 

Pusat Konservasi Tumbuhan  Kebun Raya Bogor LIPI menegaskan tidak ada larangan apapun.

"Kejadian itu hanya kesalahpahaman antara pengunjung dengan petugas yang jaga di pintu masuk saja, tidak ada pelarangan," kata juru bicara Kebun Raya Bogor (KRB), Ayi Doni Darussalam, Rabu (13/2/2019).

Berdasarkan informasi yang diterima Ayi, peristiwa itu terjadi pada hari Selasa (12/2/2019) siang. Pengunjung yang menggunakan kendaraan berstiker pasangan Prabowo - Sandiaga masuk melalui pintu tiga di depan Plaza Kebun Raya. 

"Pengemudi sempat diberhentikan oleh petugas karena pintu tersebut adalah akses ke Istana Bogor," kata dia.

Karena ada kesalahpahaman itu, diduga pengunjung tersebut tidak terima dengan pemeriksaan petugas yang terkesan melarang kendaraannya masuk ke area Kebun Raya Bogor.

Pengunjung lantas mengaitkan pemeriksaan itu dengan stiker paslon nomor urut 2 Prabowo - Sandiaga di mobilnya. 

"Memang protapnya semua kendaraan yang akan masuk akan diperiksa dan ditanya petugas, namun akhirnya kendaraan itu diperbolehkan masuk dan mengunjungi KRB," kata dia.

Ayi mengatakan Kebun Raya Bogor menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pengunjung tersebut.

"Kami minta maaf atas ketidak nyamanan tersebut, dan kami berharap pengunjung tersebut tetap bisa kembali untuk berwisata di Kebun Raya Bogor," ujar Ayi.

Dia menjelaskan saat ini ada beberapa jalan di area Kebun Raya Bogor yang dilarang untuk dilintasi oleh pengunjung bahkan oleh petugas KRB. Area tersebut merupakan ring satu pengamanan untuk Istana Kepresidenan Kebun Raya Bogor. 

"Setelah Presiden RI tinggal di Istana Bogor ada beberapa ruas jalan yang tidak boleh dilintasi pengunjung dan petugas," ujarnya.

Sejumlah ruas di Kebun Raya Bogor yang dilarang dilintasi itu di sekitar jalan Kenari satu dan jalan Coklat. Ruas jalan tersebut merupakan akses jalan yang langsung menuju ke arah Istana Bogor yang dihuni Presiden Jokowi dan keluarga.

 "Ruas jalan ini dibatasi kendaraan untuk berlalu lalang karena akses langsung ke arah istana," kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper