Sutopo Usul Isu Bencana Alam Masuk Materi Debat Pilpres

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengusulkan materi penanggulangan bencana dimasukan dalam salah satu bahasan pada Debat Pilpres 2019.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 08 Februari 2019  |  23:19 WIB
Sutopo Usul Isu Bencana Alam Masuk Materi Debat Pilpres
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menunjukkan wilayah terdampak tsunami saat memberikan keterangan pers Penanganan Darurat Bencana Tsunami Selat Sunda, di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (25/12/2018). - REUTERS/Willy Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengusulkan materi penanggulangan bencana dimasukan dalam salah satu bahasan pada Debat Pilpres 2019.

Menurutnya, masyarakat Indonesia tumbuh dan berkembang bersama dengan bencana yang terus menyertai. Bahkan beberapa daerah berdekatan dengan lempeng bumi.

"Dari jaman dahulu hingga nanti, bencana akan selalu ada. Bahkan trendnya makin meningkat. Bagaimana kita akan memilih pemimpin bangsa ini jika masalah penanggulangan bencana tidak pernah dibahas sebagai materi khusus dalam debat presiden," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (8/2/2018).

Dia menyebut akan lebih menarik bencana dibahas dalam debat karena persoalan riil dan selalu menyertai masyarakat. Belum lagi budaya sadar bencana masyarakat Indonesia serta tingkat kesiapsiagaan menghadapi bencana masih rendah.

"Makanya tak aneh jumlah korban bencana terus bertambah," katanya.

Berdasarkan data BNPB setidaknya hingga 7 Februari 2019 sejak awal tahun telah terjadi 477 bencana yang menyebabkan 102 jiwa melayang, 11 orang hilang, 164 orang luka-luka, 326.345 orang mengungsi, 6.290 unit rumah rusak dan 144 fasilitas umum rusak.

Selain itu, lebih dari 98% bencana yang terjadi merupakan bencana hidrometeorologi seperti banjir, masalah irigasi dan tenaga air lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sutopo purwo nugroho, Debat Capres

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top